Dark/Light Mode

Sah, Yoshihide Jadi PM Jepang, Gantikan Shinzo Abe

Rabu, 16 September 2020 12:31 WIB
PM Jepang Yoshihide Suga (Foto: Instagram)
PM Jepang Yoshihide Suga (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden partai berkuasa Jepang, Yoshihide Suga akhirnya resmi menjadi Perdana Menteri (PM) Jepang, pada Rabu (16/9). Menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena sakit.

Sementara posisi Sekretaris Kabinet (posisi senior setelah perdana menteri, Red) yang ditinggalkannya, kini ditempati Menteri Kesehatan Katsunobu Kato.

Baca juga : Nggak Jadi Dilego, Griezmann Siap Unjuk Gigi

Di awal kepemimpinannya, bos Partai Demokrat Liberal (LDP) itu langsung menghadapi banyak tantangan. Selain memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19, Suga juga menghadapi tantangan demografi Negeri Sakura, yang sepertiga penduduknya adalah warga berusia 65 tahun.

Agenda pemerintahan di bawah kepeminpinan Suga, dipastikan tidak akan jauh beda dibanding pada masa Abe. Apalagi, Suga telah berjanji untuk menjalankan banyak agenda pemerintahan sebelumnya. Termasuk, program reformasi ekonomi Abenomics.

Baca juga : LDP Kantongi 3 Tokoh Pengganti Shinzo Abe

"Pemilihan Suga menjamin kontinuitas dalam semua inisiatif kebijakan utama yang diluncurkan oleh Shinzo Abe," kata Yuki Tatsumi, Direktur Program Jepang Stimson Center yang berbasis di Washington, kepada BBC, Rabu (16/9).

"Tantangan terbesar bagi Suga, adalah bagaimana ia dapat merepresentasikan dirinya sebagai wajah pemerintahan Jepang. Sebab, meski kemampuannya sebagai tangan kanan Abe sudah teruji, kemampuannya untuk memimpin negara masih belum teruji sepenuhnya. Terutama, di bidang kebijakan luar negeri," lanjutnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.