Dark/Light Mode

Yoshihide Suga Berpeluang Besar Gantikan Shizo Abe

Selasa, 1 September 2020 18:54 WIB
Yoshide Suga mendapat dukungan dari faksi terbesar di LDP untuk menggantikan Shinzo Abe. (Foto EFE-EPA)
Yoshide Suga mendapat dukungan dari faksi terbesar di LDP untuk menggantikan Shinzo Abe. (Foto EFE-EPA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang tengah mencari pengganti Perdana Menteri Shinzo Abe yang mengundurkan diri. Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, jadi calon terkuat untuk menggantikan Abe dari kubu berkuasa Partai Liberal Demokrat (LDP) karena partai memutuskan untuk menyederhanakan pemilihan pengganti Abe.

Suga diharapkan bisa mengikuti setiap kebijakan Abe. Termasuk strategi "Abenomics". Yang bertujuan untuk menghidupkan kembali ekonomi dan menjaganya tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Suga belum secara terbuka mengumumkan pencalonannya sebagai pemimpin Partai LDP. Tapi, dilansir Reuters, ia memberi sinyal akan mencalonkan diri. Media melaporkan dia akan secara resmi mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri pada Rabu (2/9). 

Baca juga : Bamsoet Bantu Ratusan Alat Rapid Test untuk Keluarga Besar Denjaka TNI AL

Di Jepang, pemimpin partai hampir pasti akan menjadi perdana menteri. Pemimpin baru akan menggantikan Abe, yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Dalam pertemuan untuk memutuskan format pemilihan, para eksekutif LDP menyetujui pemungutan suara yang disederhanakan. "Dilakukan oleh anggota parlemen partai dari kedua kamar parlemen dan kepala daerah," kata Sekretaris Jenderal partai Toshihiro Nikai, dikutip Channel News Asia.

Suga (71) mendapatkan dukungan dari faksi terbesar partai. Nikai mengatakan, pihaknya harus memilih pemimpin baru secepat mungkin untuk menghindari terjadinya kekosongan politik.

Baca juga : Jonan: Pandemi Jadi Peluang Generasi Milenial Kembangkan Bisnis

"Tidak ada keberatan dengan pandangan saya pada pertemuan itu," ujar Nikai.

Namun di sisi lain, politisi muda LDP meminta agar pemungutan suara dilakukan secara penuh. Beberapa cabang partai, termasuk di kota Osaka juga menuntut hal yang sama. Salah seorang anggota parlemen dari LDP yang tak disebut namanya mengatakan, untuk memilih pemimpin baru harus mendengar berbagai masukan.

Senada dengan anggota parlemen itu, Shigeru Ishiba, saingan utama Suga, menyatakan hal yang sama. Dia menentang pemungutan suara terbatas. Menurutnya hal itu baik untuk partai dan juga untuk demokrasi. LDP diperkirakan akan mengadakan pemungutan suara kepemimpinan pada 14 September. Pesaing lainnya adalah Fumio Kishida, bekas menteri luar negeri Jepang.[PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.