Dark/Light Mode

Dewa Gitar Eddie Van Halen Tutup Usia

Rabu, 7 Oktober 2020 11:04 WIB
Gitaris legendaris Eddie Van Halen saat tampil di Billboard Music Awards 2015 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, pada 17 Mei 2015. Pendiri band Van Halen tersebut meninggal dunia akibat kanker pada 6 Oktober 2020.(AFP/GETTY IMAGES/ETHAN MILLER)
Gitaris legendaris Eddie Van Halen saat tampil di Billboard Music Awards 2015 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, pada 17 Mei 2015. Pendiri band Van Halen tersebut meninggal dunia akibat kanker pada 6 Oktober 2020.(AFP/GETTY IMAGES/ETHAN MILLER)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewa gitar musik rock Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10) pagi waktu Amerika Serikat (AS) di usia 65 tahun. Kabar ini disampaikan putranya, Wolf Van Halen.

"Dia ayah terbaik yang pernah saya miliki. Setiap momen kebersamaan saya dengan dia, di atas atau di luar panggung, adalah sebuah anugerah," tulis Wolf Van Halen di Twitter-nya.

Menurut putra dari pasangan Eddie dan istrinya terdahulu, Valerie Bertinelli itu, ayahnya meninggal setelah lama berjuang melawan kanker. Pada 2009, Van Halen menikah dengan artis Janie Liszewski.

Baca juga : Trump dan Biden Tua-tua Keladi

"Hati saya hancur, dan saya tidak berpikir akan bisa pulih sepenuhnya dari rasa kehilangan ini," kata Wolf.

Eddie Van Halen, yang nama lengkapnya Edward Lodewijk Van Halen, dan saudaranya Alex Van Halen, sudah tampil di dunia musik sejak usia remaja. Mereka membentuk grup band dengan nama Van Halen setelah bertemu dengan vokalis David Lee Roth.

Selama empat dekade, Van Halen telah merilis belasan album. Grup ini sering berganti penyanyi, mulai dari David Lee Roth, lalu ke Sammy Hagar, Gary Cherone, lalu kembali ke Hagar dan kembali ke Roth.

Baca juga : Dirawat di RS Karena Covid, Bupati Berau Tutup Usia

Solo Van Halen termasuk "Runnin’ With the Devil," "Panama," "Hot For Teacher," "Why Can't This Be Love?" dan tentu saja "Jump" – yang menduduki puncak tangga lagu pada 1984.

Van Halen juga menyumbangkan melodi gitarnya untuk lagu kondang Michael Jackson yang menghentak ceria berjudul "Beat It," bagian dari album "Thriller" tahun 1983.

"Seluruh hidup saya untuk musik. Saya tidak bisa membayangkan hal lain lagi,” kata Van Halen dalam sebuah wawancara pada 2017.

Baca juga : Kelabakan Takut Ular

Kabar duka ini segera menyebar di dunia musik rock. "Eddie bukan hanya seorang Dewa Gitar, dia juga jiwa yang indah dan asli,” kata Gene Simmons dari KISS.

Geezer Butler dari Black Sabbath menyebut Van Halen sebagai salah satu pria paling baik dan sederhana yang pernah saya kenal dan melakukan tur bersama. “Dia juga seorang gentleman dan jenius sejati,” tambahnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.