Dark/Light Mode

Bahas Situasi dan Dinamika Indo-Pasifik, Prabowo Perkuat Kerja Sama Pertahanan Dengan Prancis

Jumat, 23 Oktober 2020 08:04 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly, di Kantor Kementerian Pertahanan Prancis di Paris, Rabu (21/10). (Foto: KBRI Paris)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly, di Kantor Kementerian Pertahanan Prancis di Paris, Rabu (21/10). (Foto: KBRI Paris)

 Sebelumnya 
Dalam kaitan ini, kedua Menhan meminta agar tim perunding dapat segera menyelesaikan DCA, agar dapat ditandatangani kedua Menteri pada akhir tahun ini. Sebagian bagian dari peringatan HUT 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Pertemuan kedua Menteri Pertahanan yang kedua kalinya tahun ini, menunjukan semakin intensifnya komunikasi dan kerja sama pertahanan kedua negara.

Baca juga : BI Perkuat Kerja Sama Atasi Krisis Ekonomi

“Di tengah pandemi Covid-19, yang mengharuskan berbagai kegiatan tertunda, kerja sama Indonesia-Prancis di bidang pertahanan semakin erat. Tidak saja terlihat dari intensitas komunikasi kedua Menhan, namun juga dengan kegiatan kelompok kerja Strategic Defense Equipment cooperation yang sudah dua kali bertemu tahun ini,” tutup Dubes RI, Arrmanatha Nasir.

Kerja sama Indonesia-Prancis di bidang pertahanan, selama dilandaskan kesepakatan kedua negara pada tahun 2017 melalui Letter of Intent (LoI) atau Pernyataan Kehendak, untuk peningkatan kerja sama pertahanan. Termasuk, kerja sama kelautan dan keamanan maritim.

Baca juga : Frisian Flag Indonesia Dukung Peternak Tingkatkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Setiap tahunnya, sejak tahun 2013, kerja sama pertahanan bilateral  Indonesia-Prancis mencakup.beberapa bidang seperti pelatihan dan pendidikan, saling kunjung, dan pemberantasan terorisme yang dibahas melalui forum Dialog Pertahanan Indonesia-Prancis (Indonesia-France Defense Dialogue/IFDD). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.