Dark/Light Mode

Menlu AS Mike Pompeo Mau Ke Jakarta, Cari Dukungan Atasi China

Jumat, 23 Oktober 2020 18:44 WIB
Mike Pompeo
Mike Pompeo

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael R Pompeo atau Mike Pompeo akan berkunjung ke Jakarta pekan depan. Di tengah memburuknya hubungan AS dengan China.

Setelah terbang ke New Delhi India; Colombo, Sri Lanka; Male, Maladewa, ia bertolak ke Jakarta. Rangkaian kunjungan ini akan berlangsung pada 25-30 Oktober.

Baca juga : Sinergi PGN Dan Kebijakan Pemerintah, Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Pengamat Internasional melihat kunjungan Pompeo ke Indonesia sebagai upaya mendapatkan dukungan dalam menghadapi peningkatan pengaruh China di kawasan Asia. "AS melihat Indonesia sebagai satu kekuatan besar di ASEAN yang sangat penting untuk didekati, khususnya dalam menyikapi konflik di Laut China Selatan," kata Sukawarsini Djelantik, peneliti di Parahyangan Centre for International Studies (PACIS) dikutip BBC, Jumat (23/10).

"Pasti nanti akan mencari dukungan, karena posisi Indonesia yang diperhitungkan sebagai kekuatan menengah," sambungnya.

Baca juga : Catat, 5 Lokasi Perpanjang SIM Di Jakarta Hari Ini

Sebelum ke Indonesia, Pompeo bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Mark T Esper akan ke New Delhi, India, untuk memimpin dialog tingkat menteri 2 + 2 tahunan AS-India yang ketiga. Guna memajukan Kemitraan Strategis Global Komprehensif AS-India dan memperluas kerja sama untuk mempromosikan stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik dan dunia.

Setelah itu, Pompeo ke Kolombo untuk menegaskan komitmen AS pada kemitraan dengan Sri Lanka yang kuat dan berdaulat, guna mewujudkan tujuan bersama demi kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Lalu, Pompeo terbang ke Male, Maladewa untuk menegaskan kembali hubungan bilateral yang erat dan memajukan kemitraan dalam berbagai masalah, mulai dari keamanan maritim regional hingga perang melawan terorisme.

Baca juga : Prediksi BMKG, Sepekan Ke Depan Jakarta Diguyur Hujan Lebat

Diketahui, kunjungan Pompeo ke Jakarta terjadi disetelah pada pekan lalu Menhan Prabowo Subianto berkunjung ke Amerika Serikat. Kunjungan itu dilakukan Prabowo dalam rangka untuk membahas kerja sama pertahanan dengan Menhan Esper.

"Menlu (Pompeo) akan melakukan perjalanan ke Jakarta untuk bertemu dengan mitranya dari Indonesia untuk menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," keterangan resmi Kementerian Luar Negeri AS, Rabu (23/10). [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.