Dark/Light Mode

Semarakkan Hari Sumpah Pemuda

Pemuda Rusia Ikutan Lomba Menulis Dan Pidato

Rabu, 28 Oktober 2020 19:55 WIB
Para juri dari KBRI Moskow menyimak penampilan pemuda Rusia (layar kanan) yang mengikuti lomba pidato Bahasa Indonesia dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. [KBRI Moskow]
Para juri dari KBRI Moskow menyimak penampilan pemuda Rusia (layar kanan) yang mengikuti lomba pidato Bahasa Indonesia dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. [KBRI Moskow]

 Sebelumnya 
Sementara itu, sekelompok pemuda Rusia lainnya turut berbagi ucapan dan kesan mengenai Hari Sumpah Pemuda di sela-sela latihan gamelan di KBRI Moskow pada 27 Oktober 2020. Dengan berpakaian batik, mereka mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020 kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

Yulia Ryzhaya menyatakan, pemuda masa kini selalu dapat menemukan waktu untuk pengembangan diri dan itu sangat bagus. “Saya senang melihat pemuda-pemuda Rusia tertarik dengan musik tradisional Indonesia,” kata Yulia yang mendalami gamelan sejak 2017 dan bergabung dalam Sanggar Seni Gamelan Dadali KBRI Moskow.

Baca juga : Ketua MKD: Sumpah Pemuda Mengingatkan Kita Pentingnya Persatuan

Aleksandr yang juga anggota Gamelan Dadali dan mahasiswa tingkat empat Institute of Oriental Studies mengatakan, dia dapat menjadi bagian dari budaya Indonesia melalui Bahasa Indonesia yang dipelajarinya.

Menyangkut hal ini, Kuasa Usaha Ad Interim/Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi mengatakan, peran pemuda sangat besar dan penting dalam pengembangan hubungan kedua bangsa. Perhatian generasi muda Rusia terhadap Indonesia begitu besar. Tidak sedikit pemuda Rusia yang ingin mengetahui banyak tentang Indonesia, baik budaya maupun bahasanya. Mereka juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan KBRI Moskow.

Baca juga : FadelĀ  Berharap Pemuda MilikiĀ Spirit Entrepreneur

“Salah satu contohnya adalah keikutsertaan para pemuda Rusia pada lomba pidato dan menulis Bahasa Indonesia. Selain itu, para pemuda Rusia juga datang ke KBRI Moskow untuk belajar Bahasa Indonesia, gamelan, dan tarian Indonesia,” ungkapnya.

“Dari Rusia kami mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda,” pungkas Azis Nurwahyudi. [RUS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.