Dark/Light Mode

Duta Besar Berlian Napitupulu Rayakan Sumpah Pemuda, Nobar Dan Promo Congklak Di Pyongyang

Jumat, 30 Oktober 2020 20:35 WIB
Duber Berlian Napitupulu (kedua kiri depan) nonton bareng di Wisma Duta, KBRI Pyongyang. (Foto Dok RMco.id)
Duber Berlian Napitupulu (kedua kiri depan) nonton bareng di Wisma Duta, KBRI Pyongyang. (Foto Dok RMco.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski dalam situasi pandemi Covid-19, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 di Korea Utara (Korut) berlangsung seru. Ada acara nonton bareng (nobar) dan permainan tradisional congklak.

Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (Korut), Berlian Napitupulu mengajak seluruh staf KBRI beserta keluarga dan staf lokal Korea menyaksikan film Indonesia. Yaitu film Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2) karya Hanung Bramantyo di Wisma Duta KBRI Pyongyang pada Rabu, 28 Oktober 2020.

Baca juga : Antisipasi Bencana, Pertamina EP Cepu Tingkatkan Kewaspadaan Tanggap Darurat Di Purwosari

”Tahun ini kita merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan cara berbeda. Supaya berkesan dan terus kita ingat. Pandemi Covid-19 tidak mesti menghalangi kita merayakan Sumpah Pemuda. Walaupun tanpa upacara,” kata Berlian dalam keterangannya, kemarin.

Tak hanya menonton, dia juga mengajak hadirin berdiskusi tentang pelajaran atau nilai yang didapat dari film Rudy Habibie. ”Saya senang sekali menyaksikan film Rudy Habibie ini. Sangat menggugah pikiran, memberikan pelajaran dan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua,” tutur mantan Konsul Jenderal di Davao City, Manila, itu.

Baca juga : Puan: Peringatan Hari Santri Momentum Jaga Persatuan Dan Gotong Royong

Di film itu diceritakan tentang cita-cita Habibie untuk membuat pesawat terbang sejak kecil. Kemudian, impian tersebut berkembang menjadi mimpi besar untuk membangun indonesia maju dengan membuat industri penerbangan. Di samping kecerdasannya, Habibie sangat termotivasi dengan nilai-nilai kerja keras yang diajarkan keluarganya. Dia memiliki tekad yang kuat, hingga rela meninggalkan kesenangannya demi masa depan negaranya.

“Semoga film ini menjadi inspirasi bagi para pemuda Indonesia. Film ini sangat sejalan dengan tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini, yaitu Bersatu dan Bangkit,” harap alumni Universitas Padjadjaran itu.

Baca juga : Jelang Pilkada, ASN Kotabaru Dilarang Komen Di Medsos

Usai diskusi film, Berlian bersama staf indonesia menyaksikan acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020. Sekaligus peresmian stasiun TVRI Papua Barat dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui siaran live streaming TVRI.

Selanjutnya, dia mengenalkan permainan tradisional congklak kepada staf lokal. Berlian menjelaskan teknik dan aturan permainan itu ke dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan ke dalam bahasa Korea.Setelah penjelasan tersebut, kata Berlian, staf lokal tersebut ternyata sangat antusias memainkannya. Bahkan tertarik mengenal jenis permainan tradisional indonesia lainnya.[IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.