Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Antisipasi Bencana, Pertamina EP Cepu Tingkatkan Kewaspadaan Tanggap Darurat Di Purwosari

Jumat, 23 Oktober 2020 10:57 WIB
Antisipasi Bencana, Pertamina EP Cepu Tingkatkan Kewaspadaan Tanggap Darurat Di Purwosari

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana baik bencana alam maupun bencana non alam merupakan permasalahan serius yang harus dihadapi bangsa Indonesia, termasuk warga masyarakat di Bojonegoro.

Bencana dapat terjadi sewaktu-waktu, dan selalu dalam situasi yang tanpa persiapan. Mulai dari bencana kebakaran, gempa, banjir bandang, hingga seperti yang saat ini Indonesia tengah menghadapi yaitu bencana non alam, pandemi alias bencana medis.

Baca juga : Revisi UU Otsus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Untuk itu masyarakat perlu untuk diberikan pemahaman yang cukup dalam rangka kesiap siagaan tanggap situasi darurat.

Dalam rangka menghindari serta memitigasi potensi bencana yang ada di tengah masyarakat, PT Pertamina EP Cepu mendukung Muspika Purwosari dalam menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Penanganan Bencana yang dilaksanakan di Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Bojonegoro, Jawa Timur pada Kamis (22/10).

Baca juga : Antisipasi Hoax Pilkada, Kabupaten Berau Lakukan Pantauan Bersama

Dibuka oleh Camat Purwosari, Sugeng Firmanto dan bertindak sebagai nara sumber pada pelatihan ini adalah; PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Dinas Kesehatan, BPBD Bojonegoro serta Dinas Pemadam Kebakaran, memaparkan mengenai penanganan kondisi tanggap darurat kepada para masyarakat desa yang berada di lingkungan Kecamatan Purwosari. Termasuk simulasi bila terjadi bencana kebakaran di dalam rumah, yang disebabkan oleh kebocoran gas elpiji.

Dalam sesinya PEPC memberikan pemaparan kepada para peserta yang terdiri dari warga desa hingga perangkat desa serta Kades se-Kecamatan Purwosari tentang proses tanggap darurat dalam bidang migas. Desa Kaliombo, lokasi pelatihan berlangsung merupakan salah satu wilayah operasi dari Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.