Dark/Light Mode

Diduga Derita Parkinson, Presiden Rusia Vladimir Putin Mau Mundur?

Jumat, 6 November 2020 23:25 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto Unfoldtimes)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto Unfoldtimes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin disebut-sebut bakal mundur dari jabatannya awal tahun depan karena sakit parkinson. Hal ini mengemuka setelah para pengamat menganalisa gerak-gerik Putin dalam sebuah video

Dilansir dari The Sun, para pengamat yang mengulik rekaman Putin baru-baru ini mencatat, pria berusia 68 tahun ini pun tampak kesakitan sambil memegangi sandaran tangan kursi. Jari-jarinya juga terlihat gemetar saat menggenggam pena dan memegang cangkir yang diyakini berisi campuran obat pereda nyeri.

Akibatnya, spekulasi bahwa masa pemerintahannya selama 20 tahun akan segera berakhir berkembang awal pekan ini. Padahal, telah dirancang undang-undang (UU) untuk menjadikannya senator seumur hidup saat ia mengundurkan diri.

Baca juga : Joe Biden Masih Unggul Di Swing States

Legislasi yang diperkenalkan Putin sedang dalam proses pengesahan di parlemen untuk menjamin ia kebal hukum dari penuntutan dan tunjangan negara sampai akhir hayat.

Ilmuwan politik Moskow Profesor Valery Solovei memicu spekulasi lebih lanjut. Menurutnya, Putin memiliki gejala Parkinson. Akademisi tersebut juga mengaku mengetahui, kekasih Putin, Alina Kabaeva, mendesaknya untuk mundur dari jabatan presiden.

Desakan serupa juga datang dari putrinya, Maria Vorontsova dan Katerina Tikhonova. "Keluarga punya pengaruh besar padanya. Ia bermaksud mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada bulan Januari," klaim Solovei.

Baca juga : Yang Mau Demo Pernyataan Presiden Macron, Tolong Tertib Ya...

Profesor ini meramalkan Putin segera menunjuk perdana menteri baru yang akan dipersiapkan untuk menjadi penggantinya pada akhirnya. Namun staf kepresidenan telah meredam desas-desus ini.

"Ini benar-benar tidak masuk akal," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Jumat (6/11/2020).

"Semuanya baik-baik saja dengan presiden, meminta Putin berencana untuk mundur dengan cepat seperti yang diperintahkan Solovei, Tidak," tegasnya, dilansir Reuters,

Baca juga : Di Hadapan Presiden, Mentan Jelaskan Food Estate Humbang Hasundutan

Putin juga rutin merilis foto-foto dirinya yang tampak bugar dalam pose berburu, menembak, menunggang kuda, dan bermain hoki es.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.