Dark/Light Mode

Dubes Al Busyra Promosikan Trade Expo Indonesia Ke-35 di Ethiopia

Sabtu, 7 Nopember 2020 06:24 WIB
Duta Besar Al Busyra Basnur (kiri, tengah) dalam pertemuan dengan KADIN Ethiopia dan KADIN Addis Ababa, 5-6 November 2020. (Foto: KBRI Addis Ababa)
Duta Besar Al Busyra Basnur (kiri, tengah) dalam pertemuan dengan KADIN Ethiopia dan KADIN Addis Ababa, 5-6 November 2020. (Foto: KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak dua tahun terakhir, komunikasi dan saling kunjung pengusaha Ethiopia dan Indonesia semakin meningkat untuk kerja sama bisnis. Termasuk, rencana outbound investasi Indonesia di Ethiopia.

Namun, potensi bisnis dengan Ethiopia yang berpenduduk sekitar 112 juta jiwa, terbesar kedua di benua Afrika itu, belum banyak diketahui oleh pebisnis Indonesia dan sebaliknya.

Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar (Dubes) RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika ketika memaparkan perkembangan ekonomi Indonesia dan Trade Expo Indonesia ke-35 tahun 2020 kepada Presiden dan Anggota Ethiopia Chamber of Commerce (KADIN Ethiopia), serta Presiden dan anggota Addis Ababa Chamber of Commerce (KADIN Addis Ababa) selama dua hari berturut-turut, Kamis (5/11) dan Jumat (6/11).

Berita Terkait : Usai Dikalahkan UEA, Timnas Indonesia U-16 Jalani Latihan Pemulihan

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Al Busyra Basnur yang didampingi oleh Pejabat Fungsi Ekonomi KBRI Addis Ababa, Ravky Permato, memaparkan secara detail rencana penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Edisi Virtual tanggal 10-16 November 2020.

Tahun 2019, Dubes Al Busyra mempromosikan TEI di hadapan pengusaha Ethiopia dalam skala besar dan pertemuan langsung dengan pengusaha tidak hanya di Addis Ababa, juga di kota-kota lain Ethiopia.

Namun, di tengah kondisi pandemi Covid-19, promosi TEI ke-35 disesuaikan dengan protokol negara setempat.

Berita Terkait : Dua Pemain Keturunan Jerman Gabung TC Timnas Indonesia U-19 Di Kroasia

Ethiopia adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dikawasan. Tahun 2008-2017, pertumbuhan ekonomi Ethiopia rata-rata di atas 10 persen.

TEI adalah pasar promosi ekspor terbesar Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2019, sebanyak 22 orang pengusaha Ethiopia menghadiri TEI ke-34. Jumlah tersebut meningkat 25 persen dari tahun sebelumnya.

Nilai perdagangan Indonesia-Ethiopia terus meningkat dari tahun ke tahun, dan surplus di pihak Indonesia. Saat ini, terdapat lima investasi Indonesia di Ethiopia yaitu Century Garment Plc, Sumbiri Intimate Apparel Plc, Salim Wazaran Yahya Manufacturing Food Plc, Peace Success Industry Plc, dan Golden Sierra Abyssinia.

Baca Juga : Terawan Jangan Kegeeran

Kehadiran investasi tersebut, menempatkan Ethiopia sebagai negara kedua terbesar yang menerima investasi Indonesia di Afrika, setelah Nigeria. [HES]