Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berbisnis Dengan Afrika? Datanglah, Jangan Hanya Mendengar

Rabu, 18 November 2020 21:53 WIB
Berbisnis Dengan Afrika? Datanglah, Jangan Hanya Mendengar

RM.id  Rakyat Merdeka - Potensi kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara-negara Afrika sangat besar. Afrika adalah tempat strategis dan pasar yang sangat menjanjikan untuk berdagang atau berinvestasi. Mengingat jumlah penduduknya yang mencapai 1,3 miliar, dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Di samping itu, negara-negara di Afrika juga mendapat banyak kemudahan ekspor oleh berbagai negara maju Eropa dan Amerika.

Namun, untuk memanfaatkan pasar besar Afrika, pengusaha atau pelaku bisnis Indonesia sebaiknya datang untuk melihat langsung potensi Afrika. Jangan hanya mendengar kata orang atau kabar dari jauh. Karena melihat langsung akan membuat kita percaya, untuk kemudian memulai usaha.

Hal itu mengemuka dalam Bisnis Forum virtual bertajuk “Menuju Pasar Afrika, Perspektif dan Pengalaman Pelaku Bisnis Indonesia di Afrika,” yang dipandu oleh Evita Chaesara, seorang diplomat muda Indonesia.

Baca juga : Prancis Vs Swedia, Ayam Jantan Simpan Tenaga

Forum tersebut diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI Addis Ababa bekerja sama dengan Direktorat Afrika, Kementerian Luar Negeri, Rabu (18/11).

Hadir sebagai pembicara adalah Atase Perdagangan RI di Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi; Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos, Nigeria Bagus Wicaksena; dan Kepala ITPC Johannesburg, Afrika Selatan Anggun Paramita Mahdi.

Sedangkan pembicara pelaku bisnis Indonesia di Ethiopia adalah Rudy Dharmawan, General Manager Salim Wazaran Yahya Plc. anak perusahaan Indofood Sukses Makmur Tbk dan Adrianto Juliar Salam, Deputy General Manager Salim Wazaran Yahya Plc.

Baca juga : Anies Datang Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Ketika membuka secara resmi forum bisnis tersebut, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur mengatakan, forum yang dihadiri sekitar 180 orang dari berbagai daerah Indonesia itu, bertujuan mendorong pelaku bisnis Indonesia untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan negara-negara Afrika.

“Pada tahun 2019, terdapat 6 negara di Afrika yang masuk dalam 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, yaitu Rwanda 8,7 persen, Ethiopia 7,4 persen, Pantai Gading 7,4 persen, Ghana 7,1 persen, Tanzania 6,8 persen, dan Benin 6,7 persen,” pungkas Al Busyra. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.