Dark/Light Mode

Anomali Bagi Partai Demokrat

Berulang Tahun Ke-78, Biden Pecahkan Rekor Presiden Tertua Di Hari Pelantikan

Jumat, 20 November 2020 23:15 WIB
Anomali Bagi Partai Demokrat Berulang Tahun Ke-78, Biden Pecahkan Rekor Presiden Tertua Di Hari Pelantikan

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Jumat 20 November 2020, Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden berulang tahun ke- 78. Tepat dua bulan sebelum dia mengambil sumpah jabatan sebagai Presiden ke-46 AS, pada 20 Januari mendatang.

Dengan demikian, pria kelahiran Scranton, Penssylvania itu akan memecahkan rekor Presiden AS tertua di Hari Pelantikan. Melampaui usia Donald Trump, yang dilantik dalam usia 70 tahun pada Januari 2017.

Baca juga : Partai Gelora Bidik Perolehan Kursi DPR Terbanyak Dari Kaltim

Asal tahu saja, rata-rata usia Presiden AS saat pelantikan adalah 56 tahun.

Seperti dikutip USA Today, Biden mampu memanfaatkan usianya yang sepuh menjadi sebuah keuntungan. Dengan mengatakan, bahwa dia mampu menjadi jembatan menuju generasi pemimpin berikutnya.

Baca juga : Jelang HUT Ke-63, Pertamina Resmikan 3 BBM Satu Harga Di Hari Pahlawan

Bagi Partai Demokrat, Biden adalah anomali. Maklumlah, rata-rata usia presiden terpilih dari partai yang identik dengan warna biru itu, cenderung lebih muda dari rekan seperjuangannya.

Lihat saja John F. Keneddy yang dilantik menjadi Presiden AS dalam usia 43 tahun, Bill Clinton 46, dan Barack Obama 47.

Baca juga : Pertamina Hulu Mahakam Sukses Pertahankan Kinerja Produksi di Tengah Pandemi

Namun, rekor usia presiden AS yang masih hidup sampai sekarang, dipegang oleh Jimmy Carter dari Partai Demokrat, yang kini berusia 96 tahun. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.