Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Panama Pulangkan 17 ABK

Selasa, 24 November 2020 17:44 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono (kedua dari kanan) bersama sebagian ABK. [Foto: Kemenlu]
Duta Besar Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono (kedua dari kanan) bersama sebagian ABK. [Foto: Kemenlu]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Indonesia di Panama City (KBRI Panama City) memulangkan 17 anak buah kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) bertolak ke Tanah Air dari Bandara Tocumen, Panama, Sabtu (21/11).

Kepulangan mereka diantarkan langsung Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono. Dia didampingi Pelaksana Fungsi Protokol, Konsuler, dan Perlindungan WNI, Rheinhard Sinaga.

Baca juga : Tak Disiplin, 2 Pemain Timnas Indonesia U-19 Dipulangkan dari TC

“Mereka membawa dokumen lengkap, kondisi kesehatan baik, dan hak­hak mereka diterima sebelum pulang,” terang politisi Partai Bulan Bintang itu dalam keterangannya, Minggu (22/11).

Sukmo mengatakan, salah seorang ABK terancam tidak bisa pulang karena belum memiliki hasil tes cepat (rapid test) Covid­19. Namun, permasalahan itu telah ditangani dengan cepat oleh Staf Konsuler Kedubes RI di Panama City. Dalam acara pelepasan, Sukmo meminta, semua ABK mematuhi semua protokol kesehatan di bandara.

Baca juga : Pekan Kedua TC, Timnas Indonesia U-16 Fokus Pada Taktik Serang

Selain itu, juga agar menjaga kelengkapan dokumen selama di bandara Panama hingga Soekarno Hatta. Termasuk agar para ABK tidak menggunakan kendaraan ilegal saat pulang ke kampung halaman. Hal ini guna menghindari hal­hal yang tidak perlu dan berbahaya.

Semua biaya pemulangan atau repatriasi ABK Indonesia ini ditanggung pihak perusahaan. Para ABK itu berasal dari empat kapal, yaitu Nuevo Jasmaru (milik Spanyol), kapal Mega 811, Kapal Chung Kuo 999, Chung Kuo 91 (milik Gilontas Taiwan).

Baca juga : Dubes Vincent Piket Promosikan Program Virtual Pameran Pendidikan 140 Kampus Di Eropa

“KBRI senantiasa berkoordinasi intensif dengan pihak perusahaan dan pihak terkait lainnya di Panama, untuk memastikan repatriasi berjalan lancar dan ABK WNI dapat bertemu kembali dengan keluarga di Indonesia dengan selamat dan sehat,” pungkas Sukmo. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.