Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ikut Indonesia Quality Expo, Pupuk Kaltim Dukung Penerapan SNI

Kamis, 12 November 2020 18:24 WIB
Stan Pupuk Kaltim Di Pameran Indonesia Quality Expo (IQE). (Foto: Ist)
Stan Pupuk Kaltim Di Pameran Indonesia Quality Expo (IQE). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pupuk Kaltim komitmen menghadirkan produk-produk berkualitas untuk mendukung ketahanan pangan. Salah satunya dengan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk semua produknya.

Komitmen tersebut melandasi keikutsertaan Pupuk Kaltim pada Indonesia Quality Expo (IQE) Ke-8 Tahun 2020, yang digelaar Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Jogja City Mall Yogyakarta, 12-15 November 2020. 

Pada IQE tahun ini, Pupuk Kaltim menampilkan produk-produk Perusahaan, seperti Urea Daun Buah, NPK Pelangi, NPK Pelangi Agro. Selain itu, juga menampilkan produk pupuk hayati, yaitu Ecofert, Biodex dan Biotara, serta produk-produk riset. Pupuk Kaltim juga menampilkan Remotely Operated Vehicle (ROV), aplikasi Distribution Planning and Control System (DPCS), dan Jasa Pelayanan Pabrik.

Selain produk-produk perusahaan, Pupuk Kaltim juga melibatkan mitra binaan dalam IQE Ke-8 Tahun 2020, yang juga didorong untuk menghadirkan produk berkualitas dan sesuai SNI, mulai dari batik, makanan olahan, produk herbal, hingga kreasi usaha penyandang disabilitas melalui Inkubator Bisnis Permata Bunda. 

Baca juga : Ekspornya Moncer, Pupuk Kaltim Sabet Penghargaan Primaniyata 2020

VP Inovasi dan Pengembangan Manajemen Pupuk Kaltim, Alvina Elysia Dharmawangsa mengatakan, keikutsertaan Pupuk Kaltim dalam IQE setiap tahun bukan sekedar meramaikan kegiatan saja, tapi juga menunjukkan komitmen Pupuk Kaltim terhadap SNI. Baik untuk produk yang dihasilkan, maupun hasil inovasi dan produksi mitra binaan Perusahaan. 

“Implementasi SNI menjadi poin utama Pupuk Kaltim yang secara bertahap diikuti seluruh inovasi di lingkungan Perusahaan, baik yang bersifat pelayanan maupun pengembangan digitalisasi industri 4.0, termasuk hasil produksi mitra binaan perusahaan,” terang Alvina, Kamis (12/11).

Dari upaya tersebut, kata dia, seluruh produk yang dihasilkan dari keterkaitan aktivitas bisnis Pupuk Kaltim hingga dampak yang diberikan Perusahaan bagi lingkungan dan masyarakat yang tertuang pada berbagai program, dapat terstandarisasi secara berkelanjutan. 

“Dua tahun terakhir, hasil inovasi hingga produk riset dan produksi mitra binaan didaftarkan Pupuk Kaltim untuk mendapatkan SNI, beberapa diantaranya telah tersertifikasi BSN,” tambah Alvina.

Baca juga : KFC Indonesia Dukung Brand Lokal

Pupuk Kaltim berharap IQE yang terselenggara setiap tahun mampu mendorong seluruh iklim usaha maupun pelayanan di berbagai bidang terstandar SNI, sebagai jaminan mutu dan kualitas, di samping memberikan kepuasan kepada konsumen. 

“Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus menerapkan SNI. Begitu pula untuk produk lainnya dari mitra binaan maupun gagasan inovasi yang diihasilkan, sehingga ke depan, aktivitas bisnis Perusahaan ditopang dengan baik oleh seluruh bidang yang terstandar SNI,” tambah Alvina. 

Kepala BSN, Kukuh Syafruddin Ahmad mengatakan, IQE merupakan sarana yang diberikan BSN bagi seluruh pelaku usaha yang telah terstardardisasi, sekaligus mengampanyekan penerapan SNI. Selain itu, SNI juga untuk meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah memulihkan kondisi ekonomi pasca pandemi Covid-19. Khususnya bagi UMKM agar memiliki daya saing lebih tinggi melalui proses produksi yang sesuai kaidah SNI. 

Baca juga : Indonesia Lirik Ekspor Kayu Ke AS

“Saat ini, pemerintah fokus terhadap pemulihan ekonomi nasional dan tidak terhenti 100 persen. Adanya SNI diharap produk kita lebih berdaya saing dan secara ekonomi Indonesia tidak mengalami keterpurukan,” tutur Kukuh. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.