Dark/Light Mode

Kasih Selamat Ke Biden, Jinping Ngajak Hidup Rukun

Jumat, 27 November 2020 05:22 WIB
Presiden china Xi Jinping dan Presiden Amerika terpilih Joe Biden. (Foto Kolase Berita.com)
Presiden china Xi Jinping dan Presiden Amerika terpilih Joe Biden. (Foto Kolase Berita.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah lebih dari dua pekan bungkam, Presiden China Xi Jinping akhirnya memberi selamat untuk Joe Biden atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), 3 November lalu.

Dalam ucapan selamatnya, yang dikutip dari Xinhua ke­marin, Xi berharap AS dan China bisa kembali menjalani hubungan yang damai dan akur. Sekretaris Jenderal Partai Komunis China itu ingin, kedua negara dapat mempromosikan perkembangan hubungan bi­lateral yang sehat dan stabil di masa mendatang.

Baca juga : Trump Masih Setengah Hati

Xi yang merupakan Presiden China ke­-7 itu juga mengatakan, hubungan yang sehat antara dua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar dunia itu tidak hanya untuk kepentingan fun­damental kedua bangsa. Tetapi juga diharapkan komunitas internasional.

Selama empat tahun kepemim­pinan Donald Trump, hubungan AS-­China telah jatuh ke titik terburuk dalam beberapa dekade terakhir. “Semoga kedua negara dapat menjalankan hubungan tanpa konfrontasi, tanpa konflik dan saling menguntungkan ke depannya nanti,” harap pria kelahiran 1953 itu.

Baca juga : Samsung SmartThings Jadikan Hidup Lebih Mudah

Perselisihan kedua negara makin membara, terutama di­picu perang dagang, persaingan teknologi, masalah Hong Kong, hingga Covid-19. Selasa (24/11) lalu Biden mengatakan, para sekutu sedang menantikan AS, untuk me­negaskan kembali peran ber­sejarahnya sebagai pemimpin global di kawasan Pasifik, di mana China telah berusaha menggantikan washington DC sebagai kekuatan dominan.

Pada saat yang sama, Biden, yang akan mulai menjabat sebagai Presiden AS pada 20 Januari, telah memprioritaskan kemajuan dalam isu-­isu seperti perubahan iklim, non proliferasi nuklir, dan kese­hatan global, yang membutuhkan kerja sama dengan China. Secara terpisah, Wakil Presi­den China, Wang Qishan juga mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Kamala Har­ris.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.