Dark/Light Mode

Presiden Vietnam Anugerahkan “Friendship Order” Kepada Duta Besar Ibnu Hadi

Kamis, 3 Desember 2020 16:31 WIB
Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dzung (kanan) menyerahkan Orde Persahabatan (Friendship Order) kepada Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi di Kantor Kementerian Luar Negeri di Hanoi, Vietnam pada Kamis pagi (3/12/2020).
Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dzung (kanan) menyerahkan Orde Persahabatan (Friendship Order) kepada Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi di Kantor Kementerian Luar Negeri di Hanoi, Vietnam pada Kamis pagi (3/12/2020).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi kembali mendapat penghargaan di tahun terakhir penugasannya di Negeri Paman Ho itu. Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong menganugerahinya Orde Persahabatan (Friendship Order). Ia dinilai berkontribusi besar dalam menguatkan hubungan kemitraan antara kedua negara.

Piagam penghargaan yang ditandatangani Presiden Vietnam itu diserahkan Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, Nguyen Quoc Dzung kepada Ibnu Hadi dalam sebuah upacara di Kantor Kementerian Luar Negeri pada Kamis pagi (3/12). Piagam tersebut dibingkai dengan figura warna keemasan.

Baca juga : Presiden Anugerahkan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan pada 71 Tokoh

“Vietnam akan selalu menjadi rumah kedua saya. Saya amat menghargai hubungan persahabatan yang selama ini terjalin dengan seluruh teman dan kolega di Vietnam,” kata mantan Konsul Jenderal Repulik Indonesia di Osaka, Jepang itu, dalam keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hanoi.

Tahun terakhir penugasannya di Vietnam pada 2020 ini semakin istimewa, karena bertepatan dengan posisi Vietnam sebagai Ketua ASEAN pada 2020. Selain itu, kedua negara tengah memperingati 65 tahun hubungan diplomatik (30 Desember 1955 – 30 Desember 2020).

Baca juga : Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Kepada 6 Tokoh

Dalam lima tahun terakhir, kerja sama bilateral antara Indonesia dan Vietnam di bidang politik, perdagangan, investasi, sosial budaya, dan hubungan antar masyarakat mengalami perkembangan yang luar biasa. Di bidang ekonomi digital, Indonesia juga semakin memainkan peranan penting di Vietnam.

“Beberapa unicorn Indonesia seperti Traveloka, Gojek, dan Ruang Guru telah melebarkan sayapnya di Vietnam. Demikian juga platform e-commerce kecantikan Indonesia, Sociolla, akan segera meluncurkan ekspansi luar negeri pertamanya di Vietnam pada minggu depan,” terang Ibnu Hadi.

Baca juga : Stafsus Presiden Ajak Kaum Santri Buktikan Diri Adaptif Terhadap Perubahan Zaman

Dubes yang hobi menyanyi itu mengatakan, Friendship Order merupakan penghargaan kedua yang dia terima di penghujung masa tugasnya di Vietnam. Sebelumnya, ia juga memperoleh penghargaan Medal for Peace and Friendship Among Nations dari Vietnam Union of Friendship Organizations (VUFO) pada 24 November 2020.

Sebelumnya, Wakil Menteri Dzung menegaskan pengakuan dan penghargaan Pemerintah Vietnam kepada Duta Besar Ibnu Hadi yang telah berkontribusi memperkuat dan meningkatkan hubungan bilateral. Menurut Dzung, beberapa tahun terakhir hubungan persahabatan dan kerja sama multi aspek antara Vietnam dan Indonesia terus berkembang baik. Investasi Indonesia di Vietnam juga berjalan baik, dengan proyek-proyek ternama di antaranya Thang Long Cement/Semen Indonesia dan Citra West Lake/Ciputra Group.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.