Dark/Light Mode

Raja Belanda Serahkan Ridder Grootkruis Kepada Dubes RI Di Den Haag

Sabtu, 13 Juni 2020 07:32 WIB
Duta Besar RI untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja (Foto KBRI Den Haag)
Duta Besar RI untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja (Foto KBRI Den Haag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanggal 12 Juni 2020 menjadi hari yang bersejarah bagi hubungan Indonesia dan Belanda. Hal tersebut dikarenakan Raja Belanda, Willem Alexander memberikan penghargaan Ridder Grootkruis in de Orde Van Oranje-Nassau kepada Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja.

Dubes Wesaka Puja dinilai banyak berkontribusi dalam peningkatan hubungan Indonesia-Belanda selama empat tahun mengemban tugas sebagai Duta Besar RI di Belanda.

Baca juga : Pisa Kafe Sediakan Makanan Gratis untuk Tenaga Medis di 5 Rumah Sakit

Penyampaian penghargaan tersebut terasa sangat istimewa karena diserahkan langsung oleh Raja Willem-Alexander di Istana Raja. Penghargaan bergengsi ini menjadi kado yang indah di akhir masa jabatan Wesaka Puja sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda. Ia akan kembali ke tanah air pada akhir Juni 2020.

Bagi Wesaka Puja, acara tersebut juga menjadi momen perpisahan dengan Raja Willem Alexander yang melaksanakan kunjungan bersejarah bersama Ratu Maxima ke Indonesia pada Maret lalu. Sebelumnya,  Ratu Beatrix tahun 1995 atau 25 tahun silam mengunjungi Indonesia.

Baca juga : Rayakan May Day, MPBI Serahkan Ribuan APD Ke RS

Orde Van Oranje-Nassau merupakan penghargaan yang pertama kali diperkenalkan pada 1892 oleh Kerajaan Belanda. Penghargaan ini memiliki enam tingkatan yaitu Knight Grand Cross, Grand Officer, Commander, Officer, Knight and Member. Penghargaan jenis ini diberikan kepada orang yang memiliki kontribusi yang luar biasa dan istimewa.

Penghargaan yang diberikan kepada Duta Besar RI adalah tingkatan tertinggi. Yaitu Knight Grand Cross.

Baca juga : Metland Salurkan Ribuan Paket Sembako Kepada Warga Bekasi

"Penghargaan ini tentunya menunjukkan semakin erat, kuat dan meningkatnya hubungan Indonesia dan Belanda dari tahun ke tahun," pernyataan Fery Iswandy, Minister Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Den Haag
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.