Dark/Light Mode

Pamitan, Dubes Jepang Masafumi Ishii Kenang Keberagaman Indonesia

Jumat, 4 Desember 2020 12:10 WIB
Gaya kocak Dubes Masafumi Ishii di Instagram, dihimpun dalam bentuk kolase. (Foto mediabuffet.co)
Gaya kocak Dubes Masafumi Ishii di Instagram, dihimpun dalam bentuk kolase. (Foto mediabuffet.co)

RM.id  Rakyat Merdeka - Walau bertugas di Tanah Air hanya selama 3,5 tahun, tapi kehadiran Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii meninggalkan kesan mendalam. Tak hanya bisa menjaga hubungan baik antar pemerintah, ia juga begitu dicintai dan dikenal masyarakat Indonesia, khususnya warga Instagram.

Pertama kali dilantik sebagai Dubes Jepang untuk Indonesia pada 2017, namanya mungkin belum sepopuler sekarang. Namun kemudian, ia menjadi terkenal setelah unggahan foto makan siangnya viral. Menu makan siang Ishii adalah masakan Indonesia. Tapi ketika ia menunjukkan menu disertai gesturnya, semua terasa menarik. Banyak komen-komen positif lalu lalang di laman media sosialnya.

Baca juga : Lewat JBIC, Jepang Siap Berpartisipasi Dalam SWF Indonesia

Tugasnya sebagai Dubes di Indonesia, berakhir sudah. Sebagai tanda pamitan, Ishii membagikan video perpisahan di Instagram. Ia menyampaikan kesan pesannya selama bertugas di sini. “Saya ingin bercerita mengenai beragam pengalaman dan kenangan ketika bertugas di Indonesia,” buka Ishii, dalam video perpisahannya.

Alumni Fakultas Hukum Tokyo University itu mengaku terpukau akan keragaman Indonesia. Hal itu dirasakannya langsung ketika berbuka puasa Ramadan bareng, serta ketika berjumpa banyak orang. “Saya telah menyaksikan keanekaragaman budaya masyarakat Indonesia dari Aceh hingga Papua. Hal ini selalu membuat saya menyadari bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat beragam,” kata pria penggemar kemeja batik itu.

Baca juga : Menteri Besar Selangor, Malaysia Doakan Kesembuhan Untuk Anies

Dia sudah mendatangi sejumlah destinasi di Tanah Air. Perjalanan dinas keliling Indonesia itu membuat kenangannya kian beragam. Dia juga sudah menjelajahi daerah lain di luar Pulau Jawa, seperti Sulawesi dan Kalimantan. Di akhir videonya, Dubes Ishii berharap bisa kembali lagi ke Indonesia. “Saya akan menantikan dengan gembira saat di mana kita dapat berjumpa kembali. Terima kasih banyak, sampai jumpa lagi,” tutupnya.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.