Dark/Light Mode

Berikan Tips Perbaiki Hubungan

China Pede Bisa Akur Dengan AS

Selasa, 8 Desember 2020 06:52 WIB
Menteri Luar Negeri China  Wang  Yi. (Foto: Reuters)
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (Foto: Reuters)

 Sebelumnya 
Dia menegaskan, China bersedia memberikan bantuan kepada AS. berbagi pengalaman antiepidemi, menyediakan pasokan medis, mengerjakan vaksin dan pengembangan medis bersama.

Baca juga : Selamatkan Aset, Pertamina Perkuat Sinergi dengan KPK dan Pemprov Sumsel

Wang menilai, perdagangan dan kerja sama bisnis yang kini masih berjalan bisa sebagai pendorong fundamental untuk memperbaiki hubungan bilateral.

Baca juga : Petani Sawit Minta Bea Keluar Dinolkan

Pihaknya berharap bisnis AS berperan aktif dalam menstabilkan hubungan yang sehat. Selain itu, kedua belah pihak harus saling menghormati sejarah, dan menghormati sistem yang dipilih saat mengelola perbedaan dan konflik. Namun demikian, Wang menyerahkan sepenuhnya pada AS terkait hubungan kedua negara di masa depan.

Baca juga : Sidang Perdana Gugatan UU Ciptaker, KSPI Harap Hakim MK Dengar Suara Buruh

Wang meminta kedua negara untuk melanjutkan dialog di semua tingkatan. Dan mendorong pertukaran persahabatan antara badan legislatif, lembaga think tank, komunitas bisnis dan media. “Pintu dialog China terbuka kapan saja. Dan kedua negara bisa bekerja sama untuk merumuskan tiga daftar tentang dialog, komunikasi, dan manajemen sengketa ntuk memelihara dan mengembangkan hubungan bilateral,” tegasnya. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.