Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resepsi Diplomatik Wonderful Indonesia Pererat 70 Tahun Persahabatan RI-RRT

Kamis, 10 Desember 2020 13:26 WIB
Resepsi diplomatik HUT RI ke-75, di Beijing, Rabu malam (9/12). (Foto: KBRI Beijing)
Resepsi diplomatik HUT RI ke-75, di Beijing, Rabu malam (9/12). (Foto: KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, hubungan bilateral Indonesia dan Tiongkok genap berusia 70 tahun. Eratnya kemitraan dan persahabatan yang saling menguntungkan antara kedua negara adalah landasan yang kuat untuk semakin merekatkan persahabatan Indonesia-Tiongkok ke depan. 

Demikian disampaikan Dubes Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun dalam sambutan resepsi diplomatik HUT RI ke-75, di Beijing, Rabu malam (9/12), seperti keterangan dari KBRI Beijing yang diterima RMco.id, Kamis (10/12). Acara ini dihadiri Asisten Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wu Jianghao, Deputy Director General PLA SCol Liu Fang, dan Mayor Zhang Heng. Lebih dari 400 undangan yang terdiri dari para duta besar dan korps diplomatik negara sahabat, pejabat tinggi Pemerintah RRT, pengusaha, pemuka masyarakat, akademisi, kalangan media, diaspora Indonesia, dan kalangan Mahasiswa Indonesia turut menghadiri resepsi tersebut. Acara berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah daerah Beijing.

Baca juga : Usai Dapat Sinovac, Indonesia Incar Vaksin COVAX Tahun Depan

Djauhari menyatakan, di tengah pandemi, peningkatan kerja sama dua arah di bidang perdagangan, investasi, dan kerja sama penanggulangan Covid-19 menjadi bukti eratnya kemitraan Indonesia-Tiongkok. Hasil kerja sama ini dirasakan langsung masyarakat kedua negara. Tercatat, nilai perdagangan dua arah sampai dengan September 2020 mencapai 55,8 miliar dolar AS. Investasi Tiongkok ke Indonesia sampai dengan September 2020 mencapai 3,5 miliar dolar AS.  Penguatan kemitraan kedua negara juga tercermin dari eratnya kerja sama dalam penanggulangan pandemi Covid-19. 

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi sarana promosi Wonderful Indonesia dan mempertunjukan keragaman dan kekayaan khasanah budaya Indonesia dan kelezatan kulinernya. Alunan musik tradisional memenuhi area foyer Imperium Ballroom Hotel Four Season Beijing yang dihiasi kain-kain Nusantara indah, lukisan karya Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, serta display produk Indonesia menyambut para tamu undangan. 

Baca juga : Resmi Masuk Indonesia, itel Luncurkan Smartphone

Tari Piring dari Sumatera Barat, yang persembahan tim kesenian Indonesia dari Guangdong, menjadi tarian pengiring tamu kehormatan sekaligus pembuka acara yang memukau para hadirin. Demikian pula tari persembahan Dharma Wanita Persatuan KBRI Beijing serta alunan lagu-lagu Indonesia yang dinyanyikan Home Band KBRI Beijing, berhasil memikat para undangan yang hadir. 

Lantunan lagu “Molihua” dan “Ayo Mama” yang ditampilkan seluruh Staf KBRI Beijing bersama Djauhari menjadi penutup malam resepsi diplomatik. Kuliner khas Indonesia seperti soto ayam, rendang, empal, gado-gado, hingga rujak dan jajanan pasar menjadi suguhan makan malam yang sangat digemari para tamu undangan. Produk-produk Indonesia yang telah memasuki pasar Tiongkok seperti kopi dan makanan ringan juga menjadi buah tangan para tamu undangan yang hadir.   

Baca juga : Di Mata Akademisi, Pertanian Indonesia Berkembang Pesat

Sebelum acara ini, juga telah diselenggarakan kegiatan Business Forum bertema “Doing Business with Wonderful Indonesia” yang digelar pada siang harinya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.