Dark/Light Mode

Wakil Kepala Politik Kedubes Belanda Brechtje Klandermans

Puji Ketangguhan Wanita Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 18:12 WIB
Wakil Kepala Politik Kedubes Belanda Brechtje Klandermans Puji Ketangguhan Wanita Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Punya posisi sebagai wakil kepala bagian politik Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, membuat Brechtje Klandermans melihat peran wanita di berbagai sektor kehidupan. Menurutnya, wanita Indonesia itu kuat dan gigih. Dia melihat di pedesaan, para wanita ikut bercocok tanam dan mengurus keluarga. Di ibukota, banyak wanita karier yang juga menjadi ibu.

“Di pemerintahan, ada banyak menteri wanita tangguh,” ujar Klandermans dalam diskusi mengenai perempuan di Erasmus Huis. Dia menyebut Indonesia memiliki nama-nama wanita hebat sejak dulu. Dia mengingat Randen Ajeng Kartini hingga Presiden perempuan pertama Megawati Soekarno Putri.

Baca juga : Pelajaran Diplomasi Publik (16) Menyembuyikan Rasa Dengki

“Kalau disebut sosok wanita tangguh Indonesia yang saya kagumi. Banyaak... Saya salut kepada mereka semua,” ujarnya. Dia memuji wanita Indonesia yang mau ‘basah-basahan’ demi keluarga dan juga demi mendapat haknya.

“Bagusnya mereka tidak hanya diam di rumah dan menerima nasib. Mereka ikut berjuang. Mereka bekerja, menjadi tulang punggung, pembela sesama, pejuang kaumnya. Saya kagum,” pujinya.

Baca juga : Naila Hassan, Kepala Polisi Selandia Baru Bangga Sebagai Muslim

Wanita, lanjut Klandermans, sudah bukan lagi warga kelas dua. “Saya bisa lihat itu di wajah-wajah wanita Indonesia. Mereka adalah pejuang yang tangguh,” tandasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.