Dark/Light Mode

Berhasil Evakuasi WNI Saat Corona Wuhan

Dubes Djauhari Oratmangun Sabet Penghargaan Hassan Wirajuda Award

Sabtu, 19 Desember 2020 21:09 WIB
Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun menerima Penghargaan Hassan Wirajuda Award untuk kategori Kepala Perwakilan, Jumat (18/12). (Foto: Ist)
Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun menerima Penghargaan Hassan Wirajuda Award untuk kategori Kepala Perwakilan, Jumat (18/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun menerima Penghargaan Hassan Wirajuda Award untuk kategori Kepala Perwakilan, Jumat (18/12).

Penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award adalah apresiasi tertinggi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kepada Dubes Djauhari atas jasanya yang telah turut aktif dalam perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Khususnya pada saat upaya evakuasi WNI di Wuhan,Tiongkok, saat Covid-19 melanda pertama kali beberapa waktu yang lalu.

"Perlindungan total, keberpihakan dan kecepatan, serta ketepatan dalam membuat keputusan di tengah krisis merupakan faktor kunci. Tantangan pandemi ini menunjukkan ketangguhan mesin diplomasi perlindungan Indonesia," ujar Menlu Retno Marsudi dalam sambutannya.

Baca juga : Pemprov DKI Jakarta Raih Dua Penghargaan Bhumandala Award 2020

Kompleksitas tantangan yang ditimbulkan oleh pembatasan pergerakan dan resiko kesehatan serta keselamatan, kata Retno, tidak menyurutkan usaha seluruh elemen diplomasi Indonesia, baik pusat maupun di perwakilan.

Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award diberikan kepada 23 Penerima dalam delapan kategori dan dari 85 kandidat yang diajukan oleh berbagai pemangku kepentingan. Ditetapkan tiga penerima untuk kategori kepala perwakilan. Salah satunya adalah Dubes Djauhari Oratmangun.

Sebelumnya, awal Desember lalu, Dubes Djauhari juga menerima Anugerah Perhumas 2020 atas peran aktifnya dalam dunia kehumasan. Award diberikan saat Kongres Perhumas yamg dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Baca juga : Pertamina Sabet 24 Penghargaan Indonesian CSR Awards 2020

Konvensi Nasional Humas Indonesia memilih Dubes Djauhari menerima Anugerah Perhumas dalam kategori Humas Pemerintah setelah BPP Perhumas mendapatkan masukan serta evaluasi terhadap tokoh yang dinominasikan dalam kurun waktu Desember 2019 hingga November 2020. Pada kesempatan tersebut ada juga 5 Tokoh Nasional Indonesia yang menerima anugerah sesuai kategorinya masing masing.

Mendapatkan sejumlah penghargaan, Dubes Djauhari menyatakan, pihaknya berusaha beradaptasi di tengah situasi pandemi Covid-19 serta melihat perkembangan zaman dengan melakukan inovasi. Seperti kolaborasi menggunakan teknologi dan media sosial untuk memberikan pesan positif dan narasi yang baik.

"Saya menerima Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award dan juga  Anugerah Perhumas ini atas nama seluruh Keluarga Besar KBRI Beijing," ujar Dubes Djauhari. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.