Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kazakhstan Siap Gelar Pemilu Parlemen

Rabu, 23 Desember 2020 21:44 WIB
Presiden Kassym-Jomart Tokayev (Foto AP/Alexei Filippov)
Presiden Kassym-Jomart Tokayev (Foto AP/Alexei Filippov)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kazakhstan bakal mengadakan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 10 Januari 2021. Lima partai akan ikut serta dalam pe milu pertama di bawah ke pemimpinan Presiden Kassym-Jomart Tokayev. Kelima partai yang ikut serta adalah Nur Otan, Akzhol, Auyl, Adal dan Partai Rakyat Kazakhstan.

Terlepas dari adanya tantangan selama pandemi, Pemerintah Kazakhstan berkomitmen memberikan hak warga untuk memilih. Lebih dari 11 juta warga diprediksi ambil bagian dalam memilih perwakilan untuk Majilis (Majelis Rendah Parlemen). Pemerintah Kazakhstan akan mengadakan pemilihan sesuai standar kesehatan terbaik, demi menjaga kesehatan dan keamanan pemilih di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Nadal Siap Tempur Di Australia Open

Sejak 2007, Majilis yang beranggotakan 107 orang ini, 98 di antaranya dipilih dengan sistem pemilihan proporsional menurut daftar partai. Sementara sembilan anggota parlemen non partai, independen, dipilih Majelis Rakyat Kazakhstan (Lembaga Penasihat di bawah Presiden republik Kazakhstan, yang tugasnya membantu pengembangan dan penguatan hubungan antar etnis). Mereka bakal bertugas selama lima tahun untuk satu periode.

Pemilu Majilis pada 2021 akan memiliki beberapa perbedaan dari pemilu sebelumnya. Pertama adalah perubahan Undang-Undang Pemilu, ditandai dengan diperkenalkannya institusi oposisi parlementer. Perubahan kedua, adanya ketentuan kuota keterlibatan wanita dan pemuda sebanyak 30 persen. Sebab, setengah populasi Kazakhstan, adalah wanita dan pemuda.  Yang ketiga, pemilu mendatang juga untuk memilih Mas­likhats (Badan Perwakilan Lokal).

Baca juga : Dudung Pamer Kemesraan

Demi kelancaran perhelatan ini, Komisi Pemilihan Umum Pusat Kazakhstan (CEC) mengikutsertakan 62 pengamat dari tiga organisasi internasional dan lima negara asing. CEC juga mengadopsi resolusi untuk mengadakan debat televisi pra pemilihan 30 Desember.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.