Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Indonesia Dan Tekan MoU

Menlu Turki Perkuat Kerja Sama Ekonomi

Rabu, 23 Desember 2020 05:09 WIB
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kanan) dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu saat jumpa pers virtual dari Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin. (Foto : Kementerian Luar Negeri).
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kanan) dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu saat jumpa pers virtual dari Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin. (Foto : Kementerian Luar Negeri).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu tengah berkunjung ke Indonesia. Dalam pertemuannya dengan Menlu Retno LP Marsudi kemarin, keduanya membahas kerja sama di bidang diplomatik dan perdagangan.

Pada pertemuan itu, Retno dan Cavusoglu juga menandatangani Nota Kesepahaman (Memoran­dum of Understanding/MoU) tentang Kerja Sama Peningkatan Kapasitas Diplomatik.

“Nota Kesepahaman ini akan semakin memperkuat kemitraan Indonesia dan Turki, serta mem­bangun kapasitas diplomatik para diplomat kedua negara,” ujar Retno dalam konferensi pers virtual bersama Cavusoglu di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Pebulutangkis Indonesia Siap Tarung Di 3 Turnamen Di Bangkok

Cavusoglu lalu menambahkan, kemitraan itu termasuk untuk pelatihan dan pertukaran dip­lomat. “Karena pada dasarnya, Indonesia dan Turki memiliki kesamaan pandangan dalam menyikapi isu-isu global,” ujarnya.

Lebih lanjut, keduanya mengumumkan rencana kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Er­dogan ke Indonesia tahun depan. Itu merupakan kunjungan bala­san Presiden Erdogan terhadap kunjungan Presiden Jokowi ke Ankara pada 2017.

“Kunjungan ini akan me­nandai peningkatan hubungan Indonesia-Turki ke tatanan yang baru,” kata Retno.

Baca juga : 70 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-Iran Tingkatan Kerja Sama Bilateral

Sebab, dalam kunjungan terse­but, akan dijajaki pembentukan Dewan Strategis Tingkat Tinggi (High-Level Strategic Council). Dewan ini akan menjadi fo­rum bagi para pemimpin kedua negara untuk membahas secara regular berbagai isu strategis.

Cavusoglu menambahkan, hubungan yang akrab antara Presi­den Erdogan dan Jokowi meng­hasilkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang. Mulai dari ekono­mi, hingga industri pertahanan.

Khusus dalam bidang industri pertahanan, lanjutnya, Turki telah berinvestasi besar dan menghasilkan produk yang berkualitas baik dan dengan harga kompetitif.

Baca juga : BI Dan Bank Of Thailand Perkuat Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal

Indonesia dan Turki juga sepakat melanjutkan perundingan Indonesia-Turkey Compre­hensive Economic Partnership Agreement (IT–CEPA). Hara­pannya, perundingan ini selesai tahun depan.

Cavusoglu menekankan, kerja sama perdagangan kedua negara bisa digenjot, karena saat ini masih berkisar 1,5 juta dolar AS atau Rp 21,4 miliar. Angka ini, kata dia, sangat kecil bila dibandingkan dengan total popu­lasi kedua negara yang mencapai 350 juta orang.

Masih menurut Cavusoglu, kedua negara sepakat untuk meningkatkan investasi di Turki dan Indonesia. “Perusahaan Turki sangat tertarik berinvestasi di Indonesia meski ada pandemi,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.