Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jabat Ketua ACR, Dubes Esti Andayani Siap Kenalkan ASEAN Di Italia

Kamis, 21 Januari 2021 21:59 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani. (Foto KBRI Roma)
Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani. (Foto KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia resmi menjabat se­bagai Ketua ASEAN Committee in Rome (ACR) untuk periode Januari­ sampai Juli 2021. Penetapan dan serah terima jabatan Ketua ACR ini dilakukan secara daring pada pertemuan ke­-56 para Duta Besar ACR, Rabu lalu (20/1).

Ketua ACR sebelumnya, Duta Besar Vietnam Thi Bich Hue, menyerahkan kepemimpinan ACR kepada Duta Besar Indone­sia untuk Italia, Esti Andayani. Dalam sambutannya, Esti me­nyatakan kesiapan Indonesia untuk memikul tanggung jawab sebagai Ketua ACR.

ACR adalah organisasi yang beranggotakan enam negara ASEAN ( Association of Southeast Asian Nations) yang ada di Italia yaitu: Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand dan Vietnam. ACR merupakan bagian orga­nisasi ASEAN Committee in Third Countries (ACTC) yang dibentuk berdasarkan pasal 43 ASEAN Charter.

Baca juga : Catat Yuk, 5 Lokasi Layanan SIM Keliling Di Jakarta Hari Ini

Di tengah situasi pandemi Covid­-19, jelas Esti, upaya ACR tidak akan berhenti. Banyak kerja sama yang dapat dan perlu dilakukan dengan Italia. Dia pun menegaskan membutuhkan bantuan dan kerja sama seluruh pihak, untuk menjalankan misi ACR guna semakin memperke­nalkan ASEAN dan negara­-ne­gara anggota ASEAN di Italia.

Secara khusus, lanjutnya, de­ngan disepakatinya Italia seba­gai negara Development Partner ASEAN, menjadi tanggung jawab bersama untuk mengisi kerja sama kemitraan tersebut dengan berbagai program yang saling menguntungkan.

Dalam pertemuan itu juga, disampaikan rencana kegiatan ACR di bawah kepemimpinan Indonesia untuk enam bulan ke depan, yang juga telah disepakati para Dubes ASEAN.Di antaranya, penyelenggaraan Konferensi Pertama Pemuda ASEAN-Italia pada April 2021, serta kegiatan Torino­-ASEAN Busi­ness Day pada pertengahan 2021. Kegiatan ini akan mendekatkan ASEAN dengan berbagai pihak di wilayah Italia, khususnya ke­lompok bisnis Italia.

Baca juga : Dipecat Dari Ketua KPU, Arief: Saya Tak Pernah Melakukan Pelanggaran Pemilu

Pertemuan ini turut dihadiri para anggota Dubes ACR, seperti Dubes Abdul Malik Melvin Castelino (Malaysia), Dubes Daw Hmway Khyne (Myanmar), Dubes Domingo P Nolasco (Filipina), dan Dubes Chirdchu Raktabutr (Thailand).

Momentum kerja sama ASEAN dan Italia ditandai dengan pemberian status Develop­ment Partner kepada Italia pada september 2020. Keputusan tersebut disepakati para Men­teri luar Negeri ASEAN pada Pertemuan ke­-53  Menteri Luar Negeri dari negara ASEAN, pada 9 september 2020.

Italia memandang penting peran ASEAN, baik di kawasan regional maupun internasional, dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, serta keber­hasilan ASEAN dalam men­jaga ekosistem perdamaian, keamanan dan kesejahteraan di kawasan.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.