Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pakai Jaket Biru Muda, Menteri Baru Siap Kerja Kapan Saja

Selasa, 22 Desember 2020 16:49 WIB
Presiden Jokowi umumkan enam menteri baru dengan atribut jaket warna biru muda di Istana Negara, Selasa (22/12)
Presiden Jokowi umumkan enam menteri baru dengan atribut jaket warna biru muda di Istana Negara, Selasa (22/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada yang berbeda dalam perombakan Kabinet Jilid II sore ini. Enam orang menteri baru Kabinet Indonesia Maju tampil mengenakan jaket biru muda dan kemeja putih saat diperkenalkan Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Atribut tersebut tampak berbeda dengan perkenalan menteri sebelumnya pada Oktober 2019 lalu. Kala itu, para menteri diperkenalkan ke publik dengan mengenakan baju batik.

"Jaket itu bahannya enak. Kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah, artinya setiap orang yang menggunakannya tidak masalah dalam cuaca apapun jadi menteri dapat bekerja kapan saja, dalam suasana apa saja siap bekerja," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin dilansir Antara, Selasa (22/12).

Baca juga : Senator: Siapa Elite Papua Korupsi Dana Pembangunan?

Para menteri dipanggil satu per satu oleh Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Maruf Amin. Meski mengenakan pakaian kasual, keenam menteri tersebut tetap mengenakan masker dan juga face shield.

"Kalau warna biru warnanya sih keren saja, 'eye catching', kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat," ujar Bey.

Adapun keenam orang menteri tersebut. Pertama, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang dipercaya menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Peter Batubara dari PDI Perjuangan..

Baca juga : Erick Tohir Tunjuk Dua Direktur Baru Di Angkasa Pura I

Kedua, Mantan Cawapres Prabowo, yang juga mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno yang ditetapkan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agusputranto. Keempat, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Yaqut adalah Ketua Gerakan Pemuda Ansor yang berada di bawah Nahdlatul Ulama.

Kelima, Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka KPK dalam kasus dugaan penerimaan suap terkait penetapan izin ekspor benih lobster.

Baca juga : KPK Amankan Catatan Penerimaan Uang Suap Wali Kota Cimahi

Keenam, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, M LUthfi diplot menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.Rencananya, pelantikan menteri baru ini akan dilakukan pada Rabu, 23 Desember 2020. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.