Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KAI Terus Berupaya Jadi Solusi Di Tengah Pandemi Corona

Jumat, 13 November 2020 21:04 WIB
(Foto : Dok. KAI)
(Foto : Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh negara di dunia memberikan dampak yang sangat terasa di berbagai aspek kehidupan.

Moda-moda transportasi pun tak seramai dulu karena adanya pembatasan kapasitas.

Tak terkecuali di jasa angkutan kereta api yang dilayani oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Sebagai gambaran, saat ini KAI menjual tiket hanya dengan kapasitas sebesar 70 persen dari kapasitas normal. Kendati demikian, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan di tengah tantangan ini, KAI tetap berusaha untuk hadir menjadi solusi bagi masyarakat.

Baca juga : Digitalisasi Mampu Majukan UMKM Di Tengah Pandemi

KAI malah menjadikan masa-masa ini sebagai momentum untuk maju bersama dengan ikut mendukung perputaran roda ekonomi masyarakat dan membangun kolaborasi yang sinergis.

Di era modern dan penuh tantangan global seperti ini, KAI memaknai bahwa menjadi solusi dengan saling peduli dan membangun kolaborasi yang sinergis adalah salah satu wujud semangat untuk bersama-sama dapat menjadi pahlawan bagi bangsa Indonesia.

Salah satunya, KAI terus melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mitra binaan dalam penanganan Covid-19. Pada bulan Mei lalu, KAI memesan masker dan baju APD cover all dari mitra binaan di sektor tekstil yang berasal dari Bandung dan Yogyakarta.

"Pemberdayaan UMKM merupakan wujud KAI untuk terus mendorong agar pengusaha-pengusaha kecil dapat mengembangkan usahanya," ujar Joni dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Baca juga : Pertamina Hulu Mahakam Sukses Pertahankan Kinerja Produksi di Tengah Pandemi

Selain pemberian modal usaha, KAI juga mengadakan pembinaan dan pelatihan. Pelatihan tersebut meliputi proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dan sebagainya yang terprogram dalam agenda program mitra binaan Corporate Social Responsibility KAI," imbuhnya.

Bukan tanpa sebab jika baru-baru ini, KAI menerima tiga penghargaan sekaligus pada ajang Top CSR Awards 2020 yang diselenggarakan Majalah Top Business.

KAI juga mendapat 5 penghargaan dari ajang Nusantara CSR Award 2020 yang salah satunya adalah penghargaan Pemberdayaan Ekonomi Komunitas.

Menurut Joni, peran program CSR KAI sampai saat ini sangat jelas memiliki manfaat besar bagi masyarakat, salah satunya dengan membantu menyalurkan modal usaha bagi UMKM untuk mengembangkan produk.

Baca juga : Tangani Aset Bermasalah Di Gili Trawangan, KPK Akan Temui Gubernur NTB

Sebagai BUMN, KAI juga bertugas untuk ikut mengembangkan usaha masyarakat melalui program mitra binaan yang dimiliki. Di tahun 2020, KAI mengalokasikan dana Rp 9,4 miliar untuk disalurkan kepada UMKM.  Jumlah tersebut naik 8 persen dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar Rp 8,7 miliar.

Bantuan diberikan untuk mendorong kinerja UMKM sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian nasional.

"Selain melalui kegiatan CSR, KAI juga ikut berkontribusi dalam program ketahanan pangan pemerintah dengan menghadirkan layanan Rail Express. Rail Express merupakan layanan KAI untuk jasa angkutan retail station to station dan station to point dengan harga relatif terjangkau. Layanan ini tersedia di 60 stasiun," ujar Joni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.