Dark/Light Mode

Dubes Umar Hadi dan Bankir Julia Gouw Ikut Jadi Produser

Film Bali: Beats of Paradise Guncang Publik Korsel

Rabu, 3 April 2019 07:57 WIB
Suasana gala premiere Film Bali: Beats of Paradise di Superplex G Theater 21, Lotte World Mall, Seoul, Korea Selatan, Minggu, (31/3). (Foto: Humas Kemenpar)
Suasana gala premiere Film Bali: Beats of Paradise di Superplex G Theater 21, Lotte World Mall, Seoul, Korea Selatan, Minggu, (31/3). (Foto: Humas Kemenpar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Film Bali: Beats of Paradise kembali mengguncang jagat internasional. Setelah trailer-nya tayang di Seoul Sky yang merupakan bangunan tertinggi di Korea Selatan, kini gala premiere film karya sineas anak bangsa Livi Zheng itu tayang di Superplex G Theater 21, Lotte World Mall, Seoul, Korea Selatan, Minggu, (31/3). Film yang akan tayang serentak di seluruh jaringan Lotte Cinema di Korea Selatan selama seminggu penuh, mulai 15 April mendatang.

Superplex G Theater 21 sbukanlah bioskop sembarangan. Bioskop ini dinobatkan Guinness World Records, sebagai teater dengan layar terbesar di dunia. 

Baca juga : Garuda Bantah Jadi Orang Ketiga Di Balik Perceraian AirAsia-Traveloka

Gala Premiere film yang dibesut di Amerika dan Bali ini mendapatkan animo yang luar biasa dari masyarakat Korea Selatan. Terbukti, teater berkapasitas lebih dari 600 tempat duduk itu disesaki penonton. Bahkan, mereka rela antre sejak satu jam sebelumnya. Di antara yang hadir tampak duta besar dari berbagai negara, pejabat pemerintahan Korsel, dan CEO dari berbagai perusahaan besar Korea Selatan.
 
Sang sutradara yang turut hadir dalam Gala Premiere menjelaskan, film ini bertutur tentang perjalanan sepasang seniman dari Bali yang bermimpi memperkenalkan gamelan ke dunia internasional.  
 
Beberapa musisi dunia ikut ambil bagian di film ini. Seperti Judith Hill, yang merupakan seorang penyanyi dan juga pencipta lagu asal California, dan juga I Wayan Balawan, yang merupakan gitaris jazz Indonesia yang berasal dari Bali dan terkenal dengan touch tapping style-nya.
 
"Saya semakin terinspirasi dan mendalami gamelan saat menyutradarai film ini. Saya akan terus mengangkat kebudayaan dan seni Indonesia di panggung dunia,” kata Livi Zheng. 

Dubes Umar Hadi Jadi Produser 
 

Hebatnya lagi, bukan hanya sineas asal Tanah Air, Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, juga ikut terlibat dalam penggarapan film ini. Dia berperan sebagai produser, bersama Bankir Indonesia di AS, Julia Gouw.

Dubes Umar Hadi (ketiga kanan) di sela gala premiere Film Bali: Beats of Paradise di Superplex G Theater 21, Lotte World Mall, Seoul, Korea Selatan, Minggu, (31/3)

Baca juga : Ayo Nonton Layar Tancap Film Eropa

“Saya beruntung bertemu dengan Livi Zheng dan Bankir Indonesia di Amerika Julia Gouw, yang sama-sama punya keinginan mempromosikan gamelan. Itulah awal terciptanya film ini. Saya ingin, gamelan semakin dikenal di mancanegara, terus diajarkan, dan diwariskan ke generasi muda kita,” ujar Dubes Umar Hadi yang memulai penggarapan fllm ini, saat dirinya masih menjabat sebagai Konjen RI di Los Angeles. 
 
Budaya Indonesia yang cukup dikenal di Korea Selatan, turut membuat film ini sangat dinikmati masyarakat yang menontonnya. Youngsil Park salah satunya. “Amazing Film! Saya jadi makin suka gamelan dan kebudayaan Indonesia. Saya merekomendasikan film ini untuk ditonton," ungkapnya.  
 
Jacob Choi memberikan penekanan lain. “Film ini sangat berbeda dan mengesankan. Perpaduan budaya Indonesia dan Amerika menghadirkan rasa tersendiri. Film ini menjadi salah satu gerakan film Asia yang sangat baik.”

 

Baca juga : Hore, Gratis Nonton 227 Film Eropa Di 8 Kota

Harapan yang sama juga diungkap Young Choi, Rektor Dong-ah Institute of Media and Arts yang turut hadir menonton. “Film ini membuat saya jatuh cinta lagi dengan Indonesia, terutama dengan Bali,” pungkasnya.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya pun semakin happy dengan makin mendunianya film tersebut. Sebab, wajah Bali sebagai gerbang pariwisata Indonesia, semakin melambung tinggi. [HES]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.