Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hore, Gratis Nonton 227 Film Eropa Di 8 Kota

Selasa, 2 April 2019 16:45 WIB
Duta Besar Vincent Guerend (kiri) bersama dua Co-Director EOS Meninaputri Wismurti (tengah) dan Nahval Yazid di konferensi pers EOS.
Duta Besar Vincent Guerend (kiri) bersama dua Co-Director EOS Meninaputri Wismurti (tengah) dan Nahval Yazid di konferensi pers EOS.

RM.id  Rakyat Merdeka - Delapan kota besar di Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Film Eropa (Europe on Screen/EOS) pada 18-30 April nanti. Filmnya gratis. Bisa nonton di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Bekasi, dan Tangerang.

Tahun ini, kata Duta Besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guérend, Europe on Screen akan memutar 277 film dengan 101 film panjang dan pendek dari 27 negara Eropa.

“Festival ini memupuk kerja sama antara industri kreatif Eropa dan Indonesia sebagai sektor ekonomi yang meningkat pesat. Sebagai contoh, kami menghadirkan beberapa pekerja film Eropa untuk bekerja sama dengan sineas muda Indonesia," kata Guérend dalam konferensi pers di Goethe Haus, Jakarta, Selasa (2/4.

Baca juga : Ron Gastrobar Downtown Hadir Di Amsterdam

Guérend menambahkan, sinema adalah sarana baik untuk meningkatkan kesadaran. Oleh karena itu, Europe on Screen 2019 akan memberi fokus pada pelestarian lingkungan hidup dengan mendedikasikan sub-segmen khusus berjudul #OurLand. Sebagai bagian dari segmen Realita, #OurLand akan menampilkan enam film panjang dan empat film dokumenter pendek.

Untuk pertama kalinya, kata Vincent, EoS memiliki segmen retrospektif tentang arsitektur dan desain dalam rangka merayakan 100 Tahun sekolah seni dan desain Bauhaus di Jerman. Segmen retrospektif #Bauhauswo akan menghadirkan Bauhaus Spirit, sebuah film dokumenter yang dibuat khusus untuk merayakan 100 tahun sekolah tersebut.

Selain itu, jelas Vincent, festival ini juga mempersembahkan instalasi video tentang Bauhaus, pemutaran rekaman arsip karya yang dibuat dan terinspirasi sekolah tersebut selama 100 tahun terakhir.

Baca juga : Pak Jokowi, Kapan Nonton Film Ahok?

Sementara EOS Festival CoDirector Nauval Yazid mengatakan, tahun ini akan dilakukan pemutaran premier dunia untuk dua film pendek karya sineas muda Indonesia yang telah menerima dana produksi parsial dari program 508 Short Film Pitching Project. Dua film tersebut adalah Lasagna (sutradara Adi Victory) dan Bangkis (sutradara Seren Trihardja), yang terpilih dari 100 lebih cerita yang diterima panitia.

Kegiatan ini juga mengundang beberapa pekerja film Eropa untuk berbagi pengalaman dalam program Film Talks. Co-Director EoS Festival Meninaputri Wismurti menjelaskan setiap sesi dalam program Film Talks dirancang dengan mempertimbangkan minat penonton.

"Kami ingin menginspirasi kaum muda, terutama mereka yang ingin berkarir di industri film, untuk berpikir out of the box dan untuk melihat berbagai sisi dari proses pembuatan film," jelas Meninaputri.

Baca juga : Jadikan Pencak Silat Perekat Persahabatan

Panitia EOS juga mengundang Amira Daoudi, desainer poster film asal Belgia yang banyak memenangkan berbagai penghargaan internasional untuk berbagi tips dan cerita.

Ada juga Lina Flint, produser film 'The Guilty', dan Emil Nygaard Albertsen, penulis naskah 'The Guilty', yang akan hadir dalam sesi diskusi khusus tentang penulisan naskah yang siap untuk dijadikan film.

Daftar acara, jadwal serta venue acara bisa dicek langsung di akun Twitter Europe on Screen, @EuropeonScreen. Ditunggu ya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.