Dark/Light Mode

WHO Prediksi, Pandemi Corona Berakhir Awal 2022

Senin, 22 Februari 2021 13:10 WIB
Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa Hans Kluge
Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa Hans Kluge

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa Hans Kluge memprediksi, pandemi virus Corina bakal berakhir awal 2022. Hal ini diperkirakan berkat pengendalian virus yang makin efektif.

Saat berbicara dalam acara radio Denmark, DR, dia mengungkapkan skenario terburuk pandemi telah berakhir. Saat ini, informasi mengenai SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 telah banyak tersedia dibanding tahun lalu.

Baca juga : Irak Protes, Pasukan NATO Bertambah 8 Kali Lipat

Meski demikian, Kluge tetap mengingatkan, tidak ada yang benar-benar bisa mengetahui, perkembangan pandemi Covid-19 di masa depan. "Virus ini akan terus ada. Tapi pembatasan ketat sudah tidak lagi diperlukan. Kita optimis," ujarnya, dikutip Anadolu Agency, Senin (22/2/2021).

Kluge yakin, makin banyak negara yang mencabut kebijakan lockdown dengan makin kian banyaknya program vaksinasi.

Baca juga : Remaja Butuh Pemahaman dan Panduan

Selain itu, lanjutnya, mutasi adalah hal normal dan virus mencoba beradaptasi dengan orang yang terinfeksi. Namun, penyebaran mutasi yang cepat menjadi perhatian WHO.

Dokter asal Belgia itu menyebut, WHO sedang memantau dengan cermat keefektifan vaksin yang telah dikembangkan untuk menangkal varian baru virus Corona. Vaksin pun, jelas Kluge, dapat diubah berdasarkan mutasi, jika perlu. Dan mutasi tidak akan membuat virus menjadi di luar kendali. "Vaksinasi perlu untuk menekan penularan virus," tegasnya.

Baca juga : Dua Penyiar Indonesia Tampil Di BIGO Award Gala 2021

Berdasarkan data John Hopkins University, sejauh ini, dunia telah mencatatkan 111.343.040 kasus Covid-19. Pandemi sudah membunuh lebih dari 2,4 juta jiwa secara global. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.