Dark/Light Mode

Ditraktir Makan Sama Media, Staf PM Jepang Mengundurkan Diri

Senin, 1 Maret 2021 11:38 WIB
Makiko Yamada [Foto: REUTERS/Yoshikazu Tsuno]
Makiko Yamada [Foto: REUTERS/Yoshikazu Tsuno]

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris pers Perdana Menteri Jepang mengundurkan diri, setelah ketahuan melanggar kode etik pejabat pemerintahan. Pelanggarannya, dia menerima ajakan makan malam dari putra PM Yoshihide Suga, Seigo Suga.

Pekan lalu, Sekretaris Pers PM Jepang, Makiko Yamada, bersama 11 pejabat pemerintahan diminta pertanggungjawabannya, setelah dilaporkan ditraktir makan malam oleh putra PM Suga dan perusahaan stasiun televisi, Tohokushinsha Film Corp. Diketahui, Tohokushinsha Film adalah juga tempat bekerja putra Suga.

Baca juga : Menantu Jadi Walkot Medan, Jokowi Pesan Jangan Korupsi

Diberitakan Kyodo, Senin (1/3), Makiko Yamada menyerahkan surat pengunduran dirinya, Senin (1/3).

Juru Bicara Pemerintah, Katsunobu Kato mengatakan, peristiwa itu terjadi pada 2019 saat Suga menjadi Sekretaris Kabinet. Diketahui, biaya makan malam yang dibayarkan untuk Yamada mencapai 70.000 Yen atau sekitar Rp 9,2 juta. Kasus ini terungkap setelah seorang anggota parlemen dari oposisi mengungkit makan malam Yamada.

Baca juga : Takut Corona, Halep Mundur Dari Qatar Open

Sebagai Kepala Humas, Yamada berwenang menentukan siapa-siapa saja jurnalis yang boleh mengajukan pertanyaan kepada perdana menteri dalam konferensi pers.

Ditraktir makan dan minum mewah merupakan pelanggaran etika birokrat. Kasus serupa diduga juga melibatkan beberapa pejabat kementerian, termasuk mendapat ongkos transportasi.

Baca juga : Ajinomoto Indonesia Siapkan Strategi Pengurangan Emisi

Para pejabat itu ikut hadir dalam makan malam bersama Yamada dan telah mendapat sanksi. Sementara Presiden Tohokushinsha sudah mengundurkan diri bulan lalu. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.