Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Italia Esti Andayani

Buka Kursus Bahasa Indonesia Di KBRI Roma

Rabu, 3 Maret 2021 06:40 WIB
Pembukaan kursus daring Bahasa Indonesia yang diselenggarakan KBRI Roma untuk warga Italia, Jumat (26/2/). (Foto : Antara/HO-KBRI Roma).
Pembukaan kursus daring Bahasa Indonesia yang diselenggarakan KBRI Roma untuk warga Italia, Jumat (26/2/). (Foto : Antara/HO-KBRI Roma).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma (KBRI Roma) memperkuat diplomasi bahasa Indonesia Di Italia. Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), KBRI Roma menyelenggarakan kelas kursus daring tingkat dasar Bahasa Indonesia untuk warga Italia.

Kelas itu akan berlangsung selama sekitar tiga bulan hingga Mei 2021. Pesertanya ada 24 orang dari berbagai latar belakang. Di antaranya, anggota parlemen, dosen, pegawai, dan mahasiswa.

Baca juga : Ekonomi Biru: Kerja Sama ASEAN-India

Menurut Esti, kursus tersebut untuk terus mengupayakan promosi diplomasi bahasa di Italia, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan KBRI Roma dengan menggandeng Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia (BPPB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Bahasa, merupakan salah satu soft power diplomacy untuk memperkuat people to people contact. Kami melihat adanya minat besar warga Italia belajar bahasa Indonesia, yang terlihat dari antusiasme pendaftar kursus ini,” kata Dubes Esti, dalam acara pembukaan kursus daring pada Jumat (26/2), seperti disampaikan dalam keterangan KBRI Roma.

Baca juga : Ekonomi Biru: Kerja Sama ASEAN-India

Mengutip peribahasa “Tak kenal maka tak sayang” yang memiliki padanan dengan peribahasa Italia “Alla vista si conosce il cuore”, ia berharap, pembelajaran Bahasa Indonesia akan semakin menarik minat warga Italia untuk mempelajari semua hal tentang Indonesia, mencintai Indonesia, dan meningkatkan kunjungan warga Italia ke Indonesia di masa yang akan datang.

Sementara Kepala BPPB Kemdikbud Amunudin Aziz menyampaikan, hingga saat ini, badan itu telah memfasilitasi pengajaran Bahasa Indonesia di 261 lembaga di 31 negara. Jumlah pengajar lebih dari 900 orang. Kegiatan pengajarannya dilakukan secara langsung maupun daring.

Baca juga : China Tegaskan Kerja Sama Dengan Indonesia Demi Kalahkan Corona

“Untuk Italia, kami telah menugaskan enam pengajar, termasuk memfasilitasi kegiatan kursus daring kali ini. Kami berharap, sampai 2024 akan terdapat sedikitnya 100 ribu pelajar Bahasa Indonesia melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing,” ujar dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.