Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Memupuk Jiwa Kepahlawanan Pelajar Indonesia di Prancis Menuju Indonesia Maju

Rabu, 11 November 2020 23:44 WIB
Memupuk Jiwa Kepahlawanan Pelajar Indonesia di Prancis Menuju Indonesia Maju

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Pahlawan 10 November, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis mengadakan webinar pendidikan dengan tema Memupuk Jiwa Kepahlawanan bagi Pemuda Indonesia.

Didukung oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) Paris, Seminar Pendidikan ini diadakan secara daring melalui Zoom dan disiarkan langsung via akun Youtube PPI Prancis pada 11 November 2020 pukul 14.00 Central European Time (CET) / 20.00 WIB.

Sebanyak 47 peserta mengikuti via Zoom Meeting, di samping juga banyak yang mengikuti via Youtube secara live. Peserta pelajar Indonesia di Prancis dan di Tanah Air juga turut secara aktif dalam webinar ini.

Baca juga : Gus Jazil: Nilai-Nilai Kepahlawanan Harus Diaktualisasikan Di Tengah Masyarakat

Webinar diawali dengan lagu Indonesia Raya dan hening cipta untuk para pahlawan. Selanjutnya, dibuka dengan sambutan dan pesan moral dari Duta Besar (Dubes) RI untuk Prancis, Andorra dan Monako, Arrmanatha C. Nasir.

Dalam sambutannya Arrmanatha berpesan, agar seluruh pelajar Indonesia di luar negeri selalu mengenang dan mencontoh perjuangan para pahlawan nasional. Juga, selalu menjaga persatuan, kesatuan dan mentaati tata aturan pemerintah setempat.

Sementara Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Paris, Prof. Warsito, menyampaikan peran pelajar dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan.

Baca juga : Badan POM Terus Kawal Keamanan, Khasiat, dan Mutu Vaksin Covid-19

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan, ujarnya, sangat tergantung pada kualitas pemuda saat ini, sebagai generasi muda yang mampu membawa Indonesia menjadi negara maju.

“Jaga persatuan dan kesatuan, belajar dan kerja keras, dan miliki sifat integritas yang terpuji, sepanjang hayat,” Warsito menegaskan pesannya.

Materi kedua disampaikan oleh Wisnu Uriawan, Ketua PPI Prancis, sekaligus Koordinator Dewan Pengawas PPI Dunia. Dia memaparkan kiprah pelajar dan alumni PPI Prancis dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, agar menjadi pelajar yang cerdas, kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi.

Baca juga : HUT Ke-25, Prudential Indonesia Bantu Desa Maju Rp 5 M

Sesi diskusi dengan peserta berlangsung lancar. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber, sehingga mengharuskan moderator memilih beberapa pertanyaan untuk dibahas, demi memanfaatkan waktu.

Melalui seminar ini, PPI Prancis dan Atdikbud KBRI Paris berharap, pelajar Indonesia di Prancis maupun di Tanah air bersemangat terus meningkatkan kualitas diri. Hal ini sebagai bentuk peran serta melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam memajukan bangsa.

Di samping itu, juga menjadi individu yang mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0, dalam kancah nasional maupun internasional. [RUS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.