Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dump Truck Milik Perusahaan Indonesia Bantu Evakuasi Korban Banjir Di Malaysia

Selasa, 12 Januari 2021 16:27 WIB
Dump Truck milik perusahaan Indonesia yang bantu banjir di Malaysia. (Foto: ist)
Dump Truck milik perusahaan Indonesia yang bantu banjir di Malaysia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir awal tahun 2021 di Malaysia memaksa Puluhan ribu warga mengungsi.

Laman berita Channel News Asia melaporkan, banjir kali ini merupakan yang terparah dalam beberapa dekade terakhir. Dampaknya hampir dirasakan seluruh negara bagian di Malaysia. 

Dalam beberapa hari terakhir, lebih dari 21.000 warga dievakuasi. Terparah di Pahang. Untungnya, beban negara tetangga itu diringankan dengan kehadiran PT J Resources Asia Pasifik Tbk di Indonesia. 

Baca juga : DMC Dompet Dhuafa Bantu Evakuasi Pesawat Sriwijaya Air

Sebuah video menampilkan dump truck yang berupaya menyelamatkan para korban banjir. Kejadian ini viral di media sosial Malaysia. Warga Malaysia menyebutnya dengan “King Kong, Penyelamat Mangsa Banjir”. 

Dump Truck ini diketahui berasal dari perusahaan tambang emas di Pahang. Yaitu Specific Resources Sdn Bhd, anak perusahaan dari PT J Resources Asia Pasifik Tbk di Indonesia.

Terlihat seorang pemuda bernama Sadri Asreil Sahair yang bertugas mengoperasikan dump truck tersebut. Dia mengatakan, operasi penyelamatan korban banjir ini dilakukan sejak Senin (4/1) lalu sesuai arahan pihak kepolisian Pahang. 

Baca juga : Dubes AS Apresiasi Dukungan Indonesia Atas Insiden Capitol

Operasi penyelamatan menggunakan dump truck berlangsung selama 7 jam. Dari pukul 12.00-19.00 waktu Malaysia. Selain membantu evakuasi korban banjir, “King Kong” ini juga digunakan mengantarkan makanan serta tenaga kesehatan ke lokasi bencana.

“Saat pertama saya tiba di kawasan banjir, orang ramai bertanya-tanya mengapa saya di situ. Namun mereka sadar kedatangan kami untuk membantu,” ujar Sadri.

Sadri mengungkapkan aksinya tidak akan dilupakan. Letih dan lelah hilang apabila mendengar ucapan terima kasih. "Membantu keadaan banjir juga menguji kemahiran saya karena saya tidak tahu apa yang berada dalam air banjir,” ungkapnya. 

Baca juga : PMI Siagakan Personel Dan Peralatan Bantu Evakuasi Sriwijaya Air

Dalam penyelamatan, Sadri dan tim juga berhati-hati dalam mengoperasikan dump truck guna menyelamatkan korban banjir. Mereka mengutamakan aspek keselamatan karena menyangkut nyawa orang banyak. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.