Dark/Light Mode

Indonesia-Jepang Peringati 1 Dekade Gempa Tohoku

Jumat, 12 Maret 2021 14:05 WIB
Kerusakan parah akibat gempa Tohoku, Jepang. [Foto: Epactnetwork.com]
Kerusakan parah akibat gempa Tohoku, Jepang. [Foto: Epactnetwork.com]

 Sebelumnya 
Dari pengalamannya tersebut, dia pun membagikan sejumlah poin yang menjadi catatan, yang menurutnya patut dicontoh dan diterapkan di Indonesia. Pertama, teknologi. Artinya, disiplin teknologi bahwa bangunan dan tingkat keselamatannya, bagaimana.

Baca juga : Sharp Indonesia Ajak Gen Z Peduli Lingkungan di Masa Pandemi

Kedua, sistem pengamanan yang dilatihkan secara teratur oleh pemerintah kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada anak-anak di tingkat sekolah. Respons terhadap bencana yang ditunjukkan masyarakat Jepang itu disebut mencerminkan sistem dan tata daerah yang telah dirancang sedemikian rupa. Sehingga mereka tahu di mana area aman terdekat untuk mereka menyelamatkan diri.

Baca juga : Danone Indonesia Sabet Tiga Penghargaan Indonesia PR of The Year 2021

Berdasarkan catatan Kanto Berita Kyodo, gempa Tohoku menelan lebih dari 180 ribu orang dan memicu kebocoran nuklir di Fukushima. Gelombang besar yang dipicu gempa berkekuatan 9,0 skala Richter (SR) -salah satu yang terkuat dalam catatan sejarah- menghantam pantai timur laut, melumpuhkan pembangkit listrik Fukushima Dai-ichi dan memaksa lebih dari 160.000 penduduk mengungsi, saat radiasi nuklir mengotori udara. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.