Dark/Light Mode

Raja Salman Punya Kekayaan Rp 21 Ribu Triliun

Ji, Bagi-bagi Lah Ke Sini

Sabtu, 13 Maret 2021 07:12 WIB
Raja Salman. (Foto: Reuters)
Raja Salman. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar yang begitu "wow" datang dari Arab Saudi. Bukan soal haji atau umroh, tapi soal kekayaan keluarga Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud. Keluarga kerajaan Arab Saudi itu, memiliki kekayaan 1,5 triliun dolar AS atau sekitar Rp 21 ribu triliun. Wow, kaya banget ya. Ji, bagi-bagilah lah ke sini...

Jumlah kekayaan keluarga Raja Salman ini dibocorkan The Richest. Dari mana penghasilannya keluarga Raja Salman? Tentu saja dari bisnis penjualan minyak yang dijalankan Saudi Aramco.

Dengan harta sebanyak itu, tidak sulit bagi Raja Salman untuk mendapatkan apa yang dia mau. Setidaknya, empat istana mewah tercatat atas namanya.

Baca juga : Krakatau Steel Ekspor 20 Ribu Ton Baja Ke Eropa

Salah satu yang paling terkenal adalah Istana Murabba, yang memiliki 32 kamar dengan 7 halaman. Ada juga Istana Erga, terkenal dengan mozaik dan ukiran di langit-langitnya.

Itu baru segelintir kekayaan sang raja. Belum anak-anaknya. Sebagai putra mahkota, Pangeran Mohammad bin Salman tak mau kalah dari bapaknya. Dia juga punya Istana Chateau di Prancis yang harganya ditaksir 300 juta dolar AS atau sekitar Rp 4,2 triliun. 

Ada yang menyebut, istana itu sebagai tempat tinggal termahal di dunia. Memiliki sentuhan arsitektur modern, dan lengkap dengan fasilitas olahraga. Halaman dan tamannya membentang seluas sekitar 50 hektar, berbentuk parit-parit berisi air mancur yang bisa dibuat tampak berwarna-warni dengan pencahayaannya. Istana itu juga punya jacuzzi mewah dan kolam renang tanpa batas yang besar. 

Baca juga : PLN Siap Bangun Jaringan Distribusi Di Wilayah Jatim Dan Bali

Setidaknya ada 10 kamar tidur yang ukurannya sangat besar di dalam istana sang putra mahkota itu. Ditambah lagi dengan klub malam mansion, sound system, dan gudang anggur yang akan memberikan pengalaman unik bagi para tamu sang pangeran. 

Sementara keponakan Raja Salman yang juga menjadi pewaris tahta, Pangeran Alwaleed bin Talal memiliki real estate dan hotel mahal. Sebut saja The Four Seasons, Monte Carlo Grand Hotel Monaco, sebuah hotel mewah di Seychelles, dan Savoy Hotel di London, Inggris. Begitu juga Kingdom Resort dan jet pribadi Boeing 747-400 dan mobil berhiaskan berlian.

Kekayaan keluarga Raja Salman ini lebih banyak dibandingkan keluarga kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth cs hanya memiliki kekayaan 88 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.230 triliun. 

Baca juga : Termasuk Untuk Indonesia,Inggris Kumpulkan Rp 14 Triliun Bantuan Vaksin

Jika dibandingkan pengusaha dunia, kekayaan keluarga Raja Salman masih jauh lebih unggul. Sebut saja Elon Musk. Berdasarkan Bloomberg Widget, bos Tesla Inc ini memiliki 127,9 miliar dolar AS atau Rp 1.839 triliun. Di bawahnya ada Bill Gates dengan 127,7 miliar dolar AS atau Rp 1.837 triliun.

Mendengar kekayaan keluarga Raja Salman segitu gedenya, warganet sampai geleng-geleng kepala. "Iku duit kabeh mbah (itu duit semua kek)," kata @adenri_o, seakan tak percaya. "APBN kita cuma 1 persen dari keluarganya King Salman," timpal @BTS31193937. "Gila itu duit 21 ribu triliun. Itu duit sampe ngelebihin GDP-nya Indonesia," samber @brospore.

Komen-komen yang bikin ngakak juga banyak. Misalnya dari @yusufcaka. "Itu kalau dibeliin Indomie, orang se-Indonesia tujuh turunan nggak bakal ada yang kelaparan," cetusnya. "Mending duitnya buat beli PS 5 se-kabupaten," usul @HokageKe7Aja. "Ternyata uang tabunganku di bank cuma 0,00000000002 persen Raja Salman," aku @midnight_628.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.