Dark/Light Mode

Persiapan Hadiri KTT G-7

Hari Ini, Presiden Korsel Disuntik Vaksin AstraZeneca

Selasa, 23 Maret 2021 13:24 WIB
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menerima dosis pertama vaksin Covid AstraZeneca di Puskesmas Jongno-gu, Seoul, Selasa (23/3). (Foto: Yonhap)
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menerima dosis pertama vaksin Covid AstraZeneca di Puskesmas Jongno-gu, Seoul, Selasa (23/3). (Foto: Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menerima dosis pertama vaksin Covid AstraZeneca di Puskesmas Jongno-gu, tak jauh dari Kompleks Kepresidenan Seoul, Selasa (23/3).

Vaksinasi ini merupakan bagian dari upaya menjaga kesehatan dan keselamatan sang presiden, jelang KTT G-7 yang dijadwalkan berlangsung di resor tepi laut Carbis Bay di Cornwall, Inggris, pada 11-3 Juni mendatang.

Ibu Negara Kim Jung-sook dan 9 pejabat Cheong Wa Dae yang akan menemani perjalanan Moon ke Inggris, juga turut divaksin Covid AstraZeneca.

Baca juga : Wamenag: Vaksin Halal, Jangan Ragu Disuntik AstraZeneca

Moon yang tiba di Puskesmas pada pukul 9 pagi, langsung menjalani skrining awal kesehatan sebelum disuntik. Suhu tubuh, identitas dan kondisi kesehatannya turut diperiksa.

"Anda sangat pandai sekali menyuntik, sehingga saya tak merasakan sakit sama sekali," kata Moon seperti dikutip Kantor Berita Korsel Yonhap, Selasa (23/3).

Hari ini, Korea Selatan kembali memulai program vaksinasi dengan menggunakan vaksin Covid AstraZeneca untuk lansia berusia 65 tahun ke atas.

Baca juga : Yakin Halal Dan Baik, Pondok Pesantren Di Jatim Siap Terima Vaksin AstraZeneca

Sebelumnya, pemerintahan Moon Jae-in sempat menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca, menyusul maraknya isu global tentang pembekuan darah. Namun, Otoritas Kesehatan Korsel tak menemukan bukti yang menunjukkan adanya korelasi antara vaksin dan pembekuan darah.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) telah menyusun daftar prioritas calon penerima vaksin. Daftar ini memungkinkan pengecualian bagi Moon (68), Ibu Negara (66), dan para pejabat Cheong Wa Dae termasuk Direktur Keamanan Nasional Suh Hoon, untuk mendapatkan vaksinasi lebih awal tergait tugas diplomasi.

Vaksin Covid AstraZeneca diberikan dalam 2 dosis dengan interval 8-12 minggu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.