Dark/Light Mode

Korut Uji Coba Rudal Lagi, Biden Cuek

Rabu, 24 Maret 2021 13:54 WIB
Sebuah
Sebuah "latihan serangan" menggunakan beberapa peluncur dan senjata berpemandu taktis ke Laut Timur selama latihan militer di Korea Utara. [Foto ilustrasi: Korean Central News Agency]

 Sebelumnya 
Biasanya, ketika Korea Utara uji coba senjata canggih seperti senjata nuklir dan rudal balistik, pasukan gabungan Korsel-AS /JCS melaporkan hampir secara real time. Namun berbeda dengan uji senjata tingkat rendah dan jarak pendek.

Sementara para pengamat menganggapnya sebagai tantangan sederhana bagi pemerintahan baru Presiden Biden, sama seperti upaya pembukaan untuk terlibat dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam pembicaraan tentang denuklirisasi.

Baca juga : Pertamina Uji Coba Kapal Tanker Raksasa Buatan Jepang

Peluncuran rudal itu juga dilakukan hanya beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengunjungi Jepang dan Korea Selatan, untuk membahas masalah aliansi dan keamanan mereka di kawasan itu. Dalam konteks ini, Korea Utara yang memiliki senjata nuklir, dipandang sebagai ancaman utama.

Blinken dan Austin juga menyaksikan latihan gabungan pada 8-17 Maret oleh pasukan pertahanan AS dan Korea Selatan.

Baca juga : Program Vaksin Covid Tertunda, Bolsonaro Cuek Bebek

Peluncuran semacam itu, terutama rudal balistik berkemampuan nuklir, biasanya disertai dengan pengumuman sombong dari Korut dan komentar keras dari Korsel.

Sementara pakar tentang Korea Utara, Martyn Williams dari Stimson Center menyebut, diamnya AS itu sebagai suatu hal yang menimbulkan rasa penasaran.

Baca juga : Virus Corona Sudah Sampai Antartika

Korut sendiri belum mengakui, bahwa Presiden Biden sekarang telah menjabat. Kedua negara tetap berselisih mengenai program nuklir dan rudal balistik Korea Utara.

Selama kampanye Pemilu AS lalu, Biden menyebut Kim "penjahat" dan mengatakan, perlucutan senjata nuklir Korea Utara harus terjadi sebelum sanksi ekonomi AS dan PBB bisa dilonggarkan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.