Dark/Light Mode

Terburuk Dalam 40 Tahun

Ngeri! Kereta Tabrak Truk Di Taiwan, 41 Orang Tewas

Jumat, 2 April 2021 15:42 WIB
Puluhan tewas dan sekitar 70 lainnya terperangkap di reruntuhan setelah sebuah kereta api menabrak truk dan anjlok di Taiwan, Jumat (2/4). (Foto : Reuters)
Puluhan tewas dan sekitar 70 lainnya terperangkap di reruntuhan setelah sebuah kereta api menabrak truk dan anjlok di Taiwan, Jumat (2/4). (Foto : Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sedikitnya 41 orang tewas dan sekitar 70 lainnya terperangkap di reruntuhan setelah sebuah kereta api di Taiwan, anjlok di sebuah terowongan, Jumat (2/4). Kecelakaan terjadi usai kereta itu menabrak sebuah truk.

Kecelakaan kereta api itu merupakan yang terburuk di Taiwan selama 40 tahun terakhir. Selain korban tewas dan terjebak di dalam kereta, sejauh ini kecelakaan itu juga melukai setidaknya 40 penumpang.

Kereta naas itu, merupakan sebuah kereta ekspres. Dengan rute Taipei menuju Taitung. Kereta itu sarat dengan penumpang. Yang kebanyakan adalah turis dan warga yang mudik saat libur akhir pekan yang panjang.

"Kereta anjlok keluar dari rel di wilayah Hualien, Taiwan timur," kata departemen pemadam kebakaran setempat, dikutip Reuters.

Berita Terkait : Masalah 1 Tahun PJJ: 80 Persen Anak Tak Dapat Akses Bahan Pelajaran Memadai

Gambar dari lokasi kecelakaan menunjukkan, gerbong di dalam terowongan rusak parah akibat benturan. Itu membuat petugas penyelamat mengalami kesulitan untuk mengevakuasi penumpang. Petugas menambahkan, saat itu kereta membawa sekitar 350 orang.

"Banyak orang berdiri. Kereta itu sangat penuh, dan para korban terlempar saat kereta tergelincir," laporan media setempat.

Lebih dari 40 orang telah dibawa ke rumah sakit. Puluhan korban lainnya masih dalam proses evakuasi. Sementara, hingga Jumat siang (2/4) waktu setempat, sekitar 70 orang dilaporkan masih terjebak di gerbong kereta.

Sekitar 80 hingga 100 orang dievakuasi dari empat gerbong pertama kereta. Sedangkan gerbong lima hingga delapan telah "berubah bentuk". "Sehingga sulit diakses," jelas laporan itu.

Berita Terkait : Sampah Di Bantar Gebang Menggunung Hingga 40 M

Media setempat menyebut, kecelakaan terjadi akibat sebuah truk yang tiba-tiba nyelonong ke jalur kereta. Dalam beberapa gambar yang diunggah dinas pemadam kebakaran, terlihat puing-puing truk berada di samping kereta yang anjlok.

"Kereta kami menabrak truk," kata seorang pria dalam sebuah video yang ditayangkan di televisi Taiwan.

Sebagian badan kereta berada di luar terowongan. "Dan mereka yang berada di gerbong yang berada di dalam terowongan dibawa ke tempat aman," kata pengelola kereta api Taiwan.

Beberapa penumpang keluar dari terowongan di atas atap kereta, membawa koper dan tas mereka di belakang. Lalu turun di antara gerbong sebelum dievakuasi tim penyelamat. Kecelakaan itu terjadi pada awal akhir pekan yang panjang untuk Hari Pembersihan Makam. Yang merupakan hari libur resmi di negara itu.

Berita Terkait : Presiden Myanmar Dijerat Dakwaan Langgar Prokes

Bagian pesisir timur Taiwan yang berupa pegunungan, adalah tujuan wisata yang populer. Dan jalur kereta api dari Taipei ke pesisir timur terkenal dengan terowongan dan rutenya yang melingkari pantai di utara Hualien. Tempat kecelakaan itu terjadi adalah jalur yang menghubungkan Taipei dengan Hualien baru dibuka pada 1979.

Sebelumnya, pada 2018, 18 orang tewas dan 175 lainnya luka-luka ketika sebuah kereta anjlok di timur laut Taiwan. Pada tahun 1981, 30 orang tewas dalam tabrakan di Taiwan Utara. [PYB]