Dark/Light Mode

Bertemu Menlu China, Menlu Retno Bahas Kondisi Myanmar

Jumat, 2 April 2021 23:30 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Istimewa)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, membahas perkembangan situasi di Myanmar dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dalam pertemuan empat mata di WuYi, Provinsi Fujian.  

Menurut Retno, pemerintah Indonesia dan China memiliki pandangan yang sama terkait pentingnya pengakhiran segera penggunaan kekuatan dan kekerasan di Myanmar, serta pentingnya segera dilakukan dialog antarpihak di negara berjuluk Tanah Emas tersebut.

Baca juga : Anggaran Infrastruktur Meningkat, Menteri Basuki Kurangi Ketimpangan Di Papua

"Kami memiliki kekhawatiran yang sama mencermati perkembangan situasi dan tidak ingin melihat rakyat Myanmar semakin menderita. Penting segera dilakukan dialog di antara mereka," ujar Retno dalam konferensi pers via Zoom meeting, dari China, Jumat (2/4).

China menyatakan dukungan terhadap upaya dan tawaran dari ASEAN untuk membantu Myanmar. Negeri Tirai Bambu juga memberikan dukungan terhadap inisiatif Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN untuk membahas isu Myanmar.

Baca juga : Retno Dan Prabowo Pererat Kerja Sama Perdamaian

Selain China, Retno juga menyebutka, dukungan serupa juga sempat disuarakan oleh Menlu Rusia Sergey Lavrov dalam percakapan yang berlangsung dua hari lalu.

Sekadar latar, situasi yang tidak stabil terus berlangsung di Myanmar sejak aturan militer diberlakukan kembali. Kelompok militer negara itu telah meruntuhkan kekuasaan sah dari Aung San Suu Kyi serta mengambil alih kekuasaan.

Baca juga : Diundang Ke Munas LDII, Menag Diminta Bicara Moderasi Agama

Laporan dari Reuters menyebutkan bahwa situasi di Myanmar berada dalam kekacauan, di mana ratusan warga sipil telah tewas dalam demonstrasi menolak kudeta militer.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.