Dark/Light Mode

Bertemu Menlu China, Menlu Retno Bahas Kondisi Myanmar

Jumat, 2 April 2021 23:30 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Istimewa)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain membahas perkembangan di Myanmar, kedua Menlu juga membicarakan tentang kerja sama Indo-Pasifik dalam konteks situasi geopolitik.

"Isu ini bukan pertama kalinya kita bahas. Kami berdua beberapa kali membahas isu ini. Saya kembali tekankan prinsip-prinsip dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik)," beber Retno.

Baca juga : Anggaran Infrastruktur Meningkat, Menteri Basuki Kurangi Ketimpangan Di Papua

Dalam pembahasan itu, Menlu RI menekankan keterbukaan ASEAN bagi semua mitra dalam pelaksanaan kerja sama dalam konteks pandangan Indo-Pasifik itu, serta upaya untuk terus memajukan kerja sama. "Karena kami yakin bahwa konfrontasi tidak akan membawa manfaat bagi siapapun," ujar Retno.

Dia juga terus menekankan pentingnya pemajuan kerja sama secara inklusif kepada semua mitra secara konsisten, termasuk dalam kunjungannya ke China dan ke Jepang.

Baca juga : Retno Dan Prabowo Pererat Kerja Sama Perdamaian

Dalam situasi dunia yang penuh tantangan saat ini, kerja sama menjadi semakin penting, dan Indonesia akan terus konsisten dalam memegang prinsip-prinsip ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

"Dengan memegang prinsip-prinsip ini, maka sentralitas ASEAN akan dapat terjaga dan implementasi kerja sama penting untuk diarahkan pada kerja sama ekonomi yang sifatnya konkret dan saling menguntungkan," tandasnya.

Baca juga : Diundang Ke Munas LDII, Menag Diminta Bicara Moderasi Agama

Menlu Retno berkunjung ke Provinsi Fujian, China bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.

Pada Jumat, ketiga Menteri telah melakukan 14 pertemuan yang membahas berbagai isu. Mulai dari situasi geopolitik, kerja sama vaksin, peningkatan kegiatan perdagangan dan investasi, serta kerja sama kekonsuleran, dan upaya penguatan perlindungan bagi anak buah kapal (ABK) Indonesia. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.