Dark/Light Mode

Temui Duma, Dubes Jose Bahas Kongsi Dagang Hingga Alutsista

Kamis, 8 April 2021 11:22 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares (kiri), Ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Indonesia dan Rusia Denis Kravchenko (kanan) dan Anggota Kelompok Persahabatan Parlemen, Alexey Lyashchenko.
Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares (kiri), Ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Indonesia dan Rusia Denis Kravchenko (kanan) dan Anggota Kelompok Persahabatan Parlemen, Alexey Lyashchenko.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama antara Parlemen merupakan komponen penting dalam kerja sama bilateral antara Rusia dengan Indonesia. Itulah yang ditegaskan Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares saat menerima kunjungan anggota parlemen Rusia atau Duma di Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Moskow, Selasa (6/4).

Pertemuan ini merupakan yang pertama bagi Tavares, karena selama ini masih terdapat pembatasan pertemuan akibat pandemi Covid-19. "Banyak hal yang kita bahas untuk mempererat persahabatan dua negara lewat parlemen," ujarnya, dalam keterangan resmi.

Baca Juga : Kasus Suap Bansos Corona, KPK Geledah Rumah Kerabat Bupati Bandung Barat

Pertemuan itu membahas pengembangan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, sektor penerbangan, lat utama sistem persenjataan (alutsista), teknologi roket dan satelit, pembangkit listrik, farmasi serta pariwisata.

Kedua pihak sependapat, saat ini hubungan perdagangan dan investasi Indonesia dan Rusia masih perlu terus ditingkatkan. Banyak potensi besar kerja sama yang belum digarap.

Baca Juga : Mustahil Kejar Inter, Bianconerri Lempar Handuk Buru Scudetto

Sementara Ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Indonesia dan Rusia, Denis Kravchenko menyatakan, Duma siap mendorong kerja sama. “Tidak hanya antar parlemen dan pemerintah, namun juga untuk menghubungkan dunia usaha di kedua negara,” terangnya, didampingi salah seorang anggota Kelompok Persahabatan Parlemen, Alexey Lyashchenko.

Pertemuan itu berlangsung akrab. Kedekatan Parlemen Indonesia dan Rusia tercermin dengan kehadiran Kelompok Persahabatan Parlemen. Yakni antara DPR dengan Duma Negara, serta DPD dengan Dewan Federasi Rusia.

Baca Juga : Selamat Datang Kembali di Lapas Sukamiskin, Rachmat Yasin...

Duma adalah Majelis Rendah Parlemen Rusia yang maksimal beranggotakan 450 orang dan dipilih melalui Pemilu. Pertemuan terakhir antara anggota DPR dan Duma Negara dilakukan di Moskow pada saat kunjungan Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR ke Rusia pada Oktober 2017. [DAY]