Dark/Light Mode

Bersama IJBC, Produk Dan Wisata Sumbar Bidik Timur Tengah

Minggu, 11 April 2021 23:09 WIB
Bersama IJBC, Produk Dan Wisata Sumbar Bidik Timur Tengah

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat dan Indonesia Jordan Business Council (IJBC) menjalin kerja sama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan ekspor. Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy dan Presiden IJBC, Mayra Andrea di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Dalam sambutannya, Audy Joinaldy mengatakan, kerja sama tersebut akan menghubungkan pemerintah dan para pelaku bisnis di Indonesia dengan Yordania di bidang pertanian, perdagangan, pariwisata, pendidikan, dan energi. "Provinsi Sumatera Barat menargetkan peningkatan kunjungan wisata dari Yordania dan ekspor produk UMKM," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Mayra Andrea menjelaskan IJBC merupakan "rumah" para pengusaha Yordania yang membangun usaha dan berinvestasi di Indonesia. Selama ini, IJBC telah membantu memfasilitasi para pengusaha Indonesia, perusahaan swasta, UMKM, BUMN, dan juga pemerintah daerah, yang ingin ekspansi ke Yordania. 

Baca juga : Perkuat Imun Nakes Dan Polisi, Dexa Medica Pasok Stimuno

IJBC, lanjutnya, telah membantu Pemprov Sumatera Barat hadir pada diplomatic reception yang dilaksanakan di Amman, Yordania. Salah satu produk yang paling diminati dalam pameran adalah kopi.

Di sektor pariwisata, masih sedikit turis dari Yordania yang datang ke Indonesia dibandingkan turis Indonesia yang pergi Yordania dengan tujuan berziarah melalui Kota Amman.

"Ini kesempatan Pemprov Sumatera Barat untuk memanfaatkan peluang emas mempromosikan produk lokal dan wisata daerah. Pemprov Sumatera Barat juga bisa menjalin kerja sama dengan Jordan Tourism Board," kata Mayra

Baca juga : Perkasa Di La Liga, El Real Dan Villareal Mantap Bidik Kompetisi Eropa

 IJBC adalah dewan bisnis Pengusaha Indonesia dan Pengusaha Yordan yang ada di Indonesia berada dalam naungan kementerian Luar Negeri dan Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Timur Tengah - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amman dan Jordan Embassy di Jakarta.

Kepala Direktorat Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning Kabarsyih juga mengatakan, ini salah satu cara melakukan peningkatan perdagangan yang konkret dan ekonomi maupun budaya. “Dalam regulasi tentunya akan menyesuikan dengan aturan yang ada. Kami dari Kemlu menganggap ini kesempatan yang sangat baik dan sesuatu terobosan. Apa yang dibuat Sumatera Barat dapat dicontoh provinsi lain,” ujarnya.

“Dengan terpilihnya Sumatera Barat sebagai satu dari lima Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019 oleh Global Muslim Travel Index, kita optimis bisa memasarkan keindahan alam dan budaya kita sebagai destinasi wisata kepada Yordania maupun Timur Tengah," pungkas Audy.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.