Dark/Light Mode

Perkuat Imun Nakes Dan Polisi, Dexa Medica Pasok Stimuno

Senin, 5 April 2021 15:41 WIB
Petugas Polda Metro Jaya sedang jalani vaksinasi Covid-19. (Foto: ist)
Petugas Polda Metro Jaya sedang jalani vaksinasi Covid-19. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dexa Medica memberikan imunomodulator Stimuno untuk tenaga kesehatan dan petugas polisi. Stimuno untuk menjaga imun tubuh mereka sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan vaksinasi.

Commercial Director PT Dexa Medica, V. Hery Sutanto mengatakan, stimuno sebagai imunomodulator berbahan baku meniran hijau (Phyllantus niruri) yang telah bersertifikat fitofarmaka dan telah teruji klinis.

Stimulo diberikan untuk 140 vaksinator yang bertugas saat pelaksanaan vaksin dan untuk 800 personel tim kepolisian yang telah mendapatkan vaksinasi pada saat itu.

Baca juga : Teroris Makin Tolol

Menurut Hery, menjaga imun tubuh itu penting meskipun telah divaksin. Karena itu, pihaknya memperhatikan imunitas para vaksinator dan juga anggota kepolisian yang telah mendapat vaksin dengan menggunakan Stimuno. 

“Stimuno sebagai produk imunomodulator yang telah dipercaya oleh para konsumen sejak Stimuno mendapatkan status fitofarmaka 17 tahun yang lalu dari Badan POM,” bebernya usai acara vaksinasi Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin (5/4).

Kepala Bidang Dokter dan Kesehatan Polda Metro Jaya, Kombes Pol Didiet Soetioboedi mengatakan, sudah hampir 50 persen dari 14.000 petugas Polda Metro Jaya yang sudah divaksin. Vaksinasi diutamakan untuk personel yang berhubungan langsung dengan masyarakat misalnya banbinkamtibmas, petugas lalu lintas, dan pemeriksa reserse sebagai garda terdepan penjagaan Covid-19.

Baca juga : Pendekatan Ekonomi Dan Antropologis Jokowi Ke Papua Sudah Tepat

“Untuk perlindungan imun tubuh kami terus melakukan sosialisasi 3M dan juga pemberian vitamin yang dilakukan oleh Biddokkes,” ujarnya.

Sebagai salah satu Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) berstatus fitofarmaka, Stimuno telah melalui sejumlah rangkaian pengujian, seperti uji praklinik, uji toksisitas atau keamanan dan cara kerja, uji efikasi, dan uji klinis di berbagai rumah sakit di Indonesia.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis dan Saintifik PT Dexa Medica Dr. Raymond Tjandrawinata, di Indonesia sudah banyak obat yang dikembangkan dari bahan herbal. Di antara obat-obatan berbahan alam, tanaman meniran hijau telah teruji klinis sebagai imunomodulator.

Baca juga : Dikawal Ketat Polisi, Rizieq Tiba Di PN Jaktim

"Meniran ini ternyata aktif terhadap berbagai macam patogen. Sehingga baik spesific maupun non-spesific immune system, bisa naik menggunakan tanaman asli Indonesia ini," kata Dr Raymond.

Tanaman meniran telah melalui uji klinis untuk berbagai penyakit, salah satunya untuk pasien TBC, hepatitis, infeksi saluran pernafasan akut, dan campak jerman.  Dr Raymond juga mengatakan, saat ini sedang direncanakan uji klinis meniran untuk infeksi virus SARSCOV-2 gejala ringan hingga sedang. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.