Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terapkan AKB, Wisatawan Bisa Liburan ke Labuan Bajo

Selasa, 16 Februari 2021 19:22 WIB
Terapkan AKB, Wisatawan Bisa Liburan ke Labuan Bajo

RM.id  Rakyat Merdeka - Seiring penanganan Covid-19 oleh pemerintah dan telah diterapkannya  Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), berbagai sektor pun mulai menunjukkan geliatnya, tak terkecuali sektor pariwisata.  Salah satu destinasi wisata super prioritas yang saat ini menjadi perhatian Publik adalah Labuan Bajo, Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menggelar Webinar Genposting (Generasi Positive Thinking) pada Hari Selasa (16/2) dengan tema: “Wisata Aman di Era Adaptasi Kebiasaan Baru: Strategi Promosi Pariwisata Labuan Bajo dalam mendukung peningkatan Perekonomian Nasional”.

Baca juga : Perhatian, Pegawai BUMN Dilarang Keluar Kota Di Libur Panjang Imlek!

Webinar dimulai dengan keynote speech dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof. Dr. Widodo Muktiyo. Dalam sambutannya, beliau berharap lima Destinasi Super Prioritas mampu menjadi destinasi role model atau percontohan di mana ekosistem di dalamnya dapat memperhatikan upaya pariwisata aman di tengah Covid-19, dengan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment). “Inilah yang menjadi hal penting dan harus kita komunikasikan supaya dari sisi pemerintah dan industri mengupayakan secara maksimal tetapi dari komunikasi publik masyarakat jadi paham bagaimana mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk bisa menjalani wisata”, ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Augustinus Rinus menyampaikan dalam paparannya bahwa pandemi telah menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan yang signifikan. Oleh karena itu, pariwisata perlu senantiasa dikembangkan dan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat. Persoalan yang dihadapi saat ini adalah mayoritas dari angkatan kerja Manggarai Barat adalah lulusan SD, sehingga dikhawatirkan akan menjadi penonton di negeri sendiri. Harapannya, Pemerintah Pusat dapat membantu meningkatkan SDM di Manggarai Barat, salah satunya dengan didirikannya Politeknik Pariwisata untuk mempersiapkan SDM Manggarai Barat.

Baca juga : Isoman Bisa Bantu Turunkan Angka Kematian, Asal Lakukan Dengan Benar

Augustinus juga menyampaikan bahwa Labuan Bajo sudah siap menerima wisatawan baik mancanegara maupun nusantara karena sudah menerapkan kebijakan protokol kesehatan yang ketat, juga sudah dilakukan simulasi safety and security yang pertama di Indonesia, pelatihan CHSE serta bimbingan teknis untuk industri hotel dan pariwisata. “Pariwisata Labuan Bajo sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik jadi silahkan, ayo, datang ke Labuan Bajo!”, tegasnya

Selanjutnya, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary mengajak semua peserta dan masyarakat, berkontribusi dalam mempromosikan destinasi wisata di Indonesia dengan memanfaatkan media sosialnya melalui konten-konten menarik. Hal ini diharapkan dapat mengkomunikasikan lebih luas program-program baik dari pemerintah daerah maupun program dari destinasi pariwisata Indonesia. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.