Dark/Light Mode

Ini Fakta Seputar Triple Mutasi B.1.618, Tersangka Lonjakan Kasus Covid Di India

Sabtu, 24 April 2021 09:39 WIB
Ilustrasi virus Covid-19 (Foto: Net)
Ilustrasi virus Covid-19 (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedatangan 129 warga India di Tanah Air pada Rabu (21/4) via pesawat carter AirAsia, cukup membikin ketar-ketir.

Maklumlah, saat ini Tanah Bollywood memang sedang megap-megap menghadapi gelombang dua Covid, hingga membikin kolaps layanan rumah sakit. Apalagi, 12 di antaranya dinyatakan positif Covid.

Lonjakan kasus luar biasa di India hingga lebih dari 300 ribu kasus baru per hari, tak bisa dipisahkan dari kemunculan triple mutant strain alias varian Covid Bengal.

Baca juga : BGS Yakin, Kalau Prokes Dipatuhi, Lonjakan Kasus RI Nggak Bakal Kayak India

Triple mutant strain ini dilaporkan lebih menular dibanding varian lainnya. Selain ditemukan di Benggala Barat, varian ini juga ditemukan dalam sampel pengujian di Delhi dan Maharashtra.

Seperti dilansir India Today, para ahli mengatakan, belum ada bukti varian ini dapat berpengaruh terhadap efikasi vaksin.

Meski begitu, kehadiran mutasi E484K dalam varian tersebut harus diwaspadai. Mengingat E484K adalah varian yang mampu melepaskan jerat dari antibodi utama, dan berpotensi menurunkan tingkat kemanjuran vaksin.

Baca juga : Menkes: Jangan Ada Lonjakan Kasus Lagi, Jangan Sampai Kerja Keras Kita Sia-sia

Apa Itu Triple Mutant Variant?

Sesuai namanya, triple mutant variant merupakan varian baru yang terbentuk dari 3 jenis mutasi.

Dalam konteks ini, 3 jenis mutasi yang dimaksud meliputi satu penghilangan dan dua perubahan dalam protein spike, penghilangan H146 dan Y145, serta mutasi E484K dan D614G dalam protein spike yang berbentuk seperti paku-paku yang menancap pada permukaan. 

Baca juga : Indonesia Ogah Kecolongan

Triple mutant variant adalah turunan kedua virus SARS-CoV-2 yang teridentifikasi di India, yang beken dengan nama B.1.618 dan banyak terdeteksi di Benggala Barat.

Sebelumnya, di India juga ditemukan varian mutasi ganda B.1.617.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.