Dark/Light Mode

Gempa 6,4 SR Guncang Assam, Getaran Terasa Kuat Di Benggala

Rabu, 28 April 2021 12:00 WIB
Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Tezpur di negara bagian Assam, India, Kamis (28/4) pagi. (Foto: India Today)
Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Tezpur di negara bagian Assam, India, Kamis (28/4) pagi. (Foto: India Today)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa besar berkekuatan 6,4 skala Richter menggoyang wilayah Tezpur di negara bagian Assam, yang terletak timur laut India, Rabu (28/4) pagi.

Getaran terasa kuat di Assam, Benggala Utara, dan sejumlah wilayah di timur laut India.

Pusat Gempa Nasional (NCS) India mencatat, gempa 6,4 SR itu terjadi di Sonitpur, Tezpur, Assam pada Rabu (28/4) pukul 07.51 pagi waktu setempat. Episentrum gempa berjarak 43 km arah barat Tezpur, Assam.

Baca juga : Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Sukabumi, Dirasakan Di Jakarta Hingga Tangsel

Setelahnya, ada dua gempa susulan pada pukul 07.58 dengan skala 4,3 SR dan 08.01 dengan 4,4 SR. Gempa tersebut mengakibatkan sejumlah jalan di Sonitpur retak.

Kabar gempa besar ini antara lain dicuitkan Kepala Menteri Assam, Sarbananda Sonowal via akun Twitter-nya.

"Gempa besar mengguncang Assam. Saya mendoakan yang terbaik bagi setiap orang. Mohon agar selalu waspada. Pastikan informasi terbaru dari semua distrik," cuit Sonowal, Rabu (28/4).

Baca juga : Gempa M5,6 Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

Sonowal juga menginformasikan bahwa ia telah menelepon Perdana Menteri Narendra Modi, untuk memastikan dukungan pasca gempa terhadap warga Assam, dari pemerintah pusat.

Warga Assam dan Benggala Utara yang menngungkap, gempa tersebut betul-betul mengguncang bangunan dalam waktu 30 detik.

Survei Geologi AS (USGS) menjelaskan, pusat gempa tersebut berada di kedalaman yang cukup dangkal: 29 kilometer.

Baca juga : Gelar Travel Fair Lagi, Garuda Diskon Tiket Hingga 86 Persen

Video yang beredar luas di media sosial memperlihatkan, gempa di wilayah Assam mengakibatkan runtuhnya dinding, pecahnya kaca jendela, dan retakan di sejumlah bangunan. Beruntung, tak ada laporan korban jiwa atau cedera dalam peristiwa tersebut.

Awal bulan ini, tepatnya pada 6 April 2021, gempa bumi berkekuatan 2,7 SR melanda Tinsukia,  Assam. Sehari sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter lainnya menghantam perbatasan Sikkim-Nepal. Getaran gempa tersebut dirasakan di beberapa bagian Bihar, Benggala Barat, Assam, Meghalaya, Nagaland dan Arunachal Pradesh. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.