Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KBRI Moskow, Peringati Hardiknas Dengan Pemilihan Putra Putri Permira

Rabu, 5 Mei 2021 22:09 WIB
Para pemenang kontes Putra Putri Permira 2021. (Foto RM.id/KBRI Moskow)
Para pemenang kontes Putra Putri Permira 2021. (Foto RM.id/KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow menggelar acara final pemilihan Putra Putri Perhim­punan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) 2021, Minggu (2/5). Acara ini diadakan untuk memperi­ngati Hari Pendidikan Nasional (Har­diknas) yang jatuh setiap 2 Mei.

Dalam acara itu, Amalia Raras Putri Cahyadi dinobatkan seba­gai Putri Permira 2021. Maha­siswi asal Bandung itu sedang menempuh studi jurusan Bio­logi di Russian State agrarian University–Moscow Timiryazev Agricultural Academy.

Sementara, Fasyeh hamid dinobatkan sebagai Putra Pemira 2021. Mahasiswa asal Jakarta itu sedang menempuh studi jurusan Oil and Gas Engineering di Gub­kin Russian State University of Oil and Gas, Moskow.

Dubes Jose Tavares (kiri) dan istri, Fitria Rennie Wibowo dengan Putri Permira 2021, Amalia Cahyadi.

Acara final pemilihan Putra Putri Pemira dilaksanakan de­ngan menerapkan protokol ke­sehatan (prokes) ketat di KBRI Moskow, disaksikan langsung Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Tavares.

Baca juga : Nasib Palestina Pasca Perdamaian UEA-Bahrain-Israel

“Pemilihan Putra Putri Permi­ra merupakan aktualisasi kreatif dan out of the box yang menjadi sarana untuk mendukung diplomasi Pemerintah Indonesia dalam mem­promosikan Indonesia dan mendo­rong kemajuan kerja sama pendi­dikan antara Indonesia­ dan Rusia,” jelas Dubes Tavares, dalam keterangan yang diterima, Senin (3/5).

Tavares juga mengajak selu­ruh pihak, termasuk mahasiswa Indonesia di Rusia, meneruskan perjuangan pendidikan yang telah dirintis Ki hadjar Dewantara. Tema Hardiknas tahun ini yaitu ‘Serentak Bergerak, Wu­judkan Merdeka Belajar’. Menurut Tavares, tema ini sangat tepat menggambarkan perjuangan keras yang dilakukan dunia pendidikan dalam setahun terakhir sejak pandemi.

“Dunia pendidikan di Indo­nesia dipaksa berinovasi dan beradaptasi dalam memastikan terselenggaranya proses pem­belajaran bagi semua peserta didik,” kata dia.

Acara Permira dimulai sejak Maret 2021. Acara final di­selenggarakan secara hybrid, dengan menghadirkan 8 orang finalis secara langsung dan 4 orang finalis secara virtual.

Baca juga : Puan Minta Nadiem Cermati Angka Putus Sekolah Dan Efektivitas PJJ

Kehadiran finalis secara lang­sung tetap menerapkan prokes sesuai ketentuan pemerintah setempat dalam rangka pence­gahan Covid­-19.

Pemilihan Putra Putri Permira merupakan program kerja tahunan Permira. Tema tahun ini adalah ”Corak Budaya Indonesia–This is Not Another Beauty Contest”.

Proses seleksi berhasil me­nyaring 36 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendi­dikan di berbagai kota di Rusia, antara lain Rostov, arkhangelsk, Moskow, Kazan, Belgorod, Voronezh, Novosibirsk, St. Pe­tersburg, Tomsk, Vladivostok, Yekaterinburg dan Tyumen.

Terpilih 24 semifinalis yang diberikan pembekalan dan pelatihan agar siap menjadi duta mahasiswa Indonesia di Rusia. Pembekalan meliputi public speaking, leadership, personal branding, psikologi, etika per­gaulan internasional, dan etos kerja. Selanjutnya, tinggal 12 peserta terpilih ke babak final.

Baca juga : PKS Bertemu Nasdem, Sepakat Perangi Paham Radikal Dan Terorisme

Dewan Juri adalah Sarah Sechan (TV host dan Diaspora Indonesia di Singapura), Lola Amaria (Produser dan Sutra­dara Film), Kevin Liliana (Miss International 2017 dan Puteri In­donesia Lingkungan 2017) serta Ryan Wiedaryanto (Jurnalis dan News Anchor). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.