Dark/Light Mode

Jelang Festival Harbuknas 2021, Dukungan Pemprov Banten Menguat

Kamis, 22 April 2021 17:08 WIB
Pertemuan IKAPI Banten, Untirta Press dan Forum Ekraf Banten dengan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy (tengah) di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).
Pertemuan IKAPI Banten, Untirta Press dan Forum Ekraf Banten dengan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy (tengah) di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Hari Buku Nasional 2021 yang akan dilaksanakan pada 26-30 Mei 2021 di Universitas Tirtayasa (Untirta) Banten tinggal satu bulan lagi. Respons dari berbagai pihak pun semakin menguat.

Usai mengadakan Rapat Kerja dengan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puskurbuk Kemdikbud), Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Banten melaporkan hasil rapat tersebut kepada Wakil Gubernur, Andika Hazrumy, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Ikapi Banten Andi Trisnahadi, didampingi Firman Hadiansyah dari Untirta Press dan Ovie Rambo Banten dari Forum Ekonomi Kreatif (Ekraf) Banten menjelaskan, ada dua hal penting yang diutarakan.

Baca juga : Kapal Basarnas Dikerahkan Bantu Pencarian KRI Nanggala

Pertama, adanya dukungan dari berbagai organisasi literasi dan perbukuan untuk mendorong inisiasi Peraturan Daerah atau Peraturan Gubernur terkait Perbukuan yang merupakan turunan dari Undang-undang Sistem Perbukuan No 3 Tahun 2017.

Kedua, laporan tentang kesiapan Banten dalam melaksanakan Festival Hari Buku Nasional 2021. Selain itu, Andi juga melaporkan, para penerbit buku dan para penulis sudah banyak yang menyampaikan respons positif. “Festival Harbuknas 2021 ini akan menjadi kebanggaan Provinsi Banten,” paparnya.

Andika Hazrumy yang memang sejak awal mendukung pelaksanaan Festival Harbuknas sangat mengapresiasi atas upaya IKAPI Banten, organisasi literasi dan insan perbukuan yang terus memperlihatkan kerja kerasnya dalam menyelenggarakan perhelatan ini. Bahkan pada momen tersebut dia berjanji, akan mengeluarkan surat rekomendasi kepada pihak-pihak terkait, agar turut berpartisipasi dalam waktu dekat.

Baca juga : Menteri Bintang Minta Pemda Kawal Dana Perlindungan Perempuan Dan Anak

“Forum CSR, pihak-pihak swasta, BUMN, BUMD harus terlibat dalam kegiatan ini. Saya akan mengeluarkan surat rekomendasi sehingga mereka tidak ragu dan berperan aktif terkait Festival Harbuknas 2021 ini, terutama terlibat dalam hibah buku untuk masyarakat,” tegasnya.

Andika menambahkan, keterlibatan semua pemangku kepentingan menjadi sangat penting, karena ujungnya adalah bagaimana akses terhadap perbukuan dan ekosistem perbukuan menjadi terwujud.

Selain itu, Wagub Banten juga mendukung inisiasi IKAPI Banten untuk memberikan penghargaan Syech Nawawi Award, atas peran serta insan perbukuan, organisasi dan perusahaan yang mendukung gerakan literasi di Banten, bahkan Indonesia.

Baca juga : Dampingi Jokowi Buka IIMS 2021, Bamsoet Pede Penjualan Mobil Meningkat

Terkait inisiasi regulasi perbukuan, Kabiro Hukum Setda Provinsi Banten Agus Mintono yang ikut serta pada pertemuan tersebut memberikan pertimbangan, apakah inisiasi ini akan menjadi Peraturan Daerah atau Peraturan Gubernur. Mengingat keduanya secara normatif berdampak pada ekosistem perbukuan di Banten. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.