Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati 25 Tahun Hubungan Diplomatik

RI Dan Andorra Jadikan Pemuda Ujung Tombak Kerja Sama

Kamis, 6 Mei 2021 14:34 WIB
Peringatan 25 Tahun Hubungan Diplomatik Andorra-Indonesia dimeriahkan alunan gamelan Jawa dan Tari Topeng Kelana oleh kelompok Gamelan Pantcha Indra, binaan KBRI Paris. (Foto RM.id/KBRI Paris)
Peringatan 25 Tahun Hubungan Diplomatik Andorra-Indonesia dimeriahkan alunan gamelan Jawa dan Tari Topeng Kelana oleh kelompok Gamelan Pantcha Indra, binaan KBRI Paris. (Foto RM.id/KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) tidak menyurutkan semangat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Andorra yang terjalin sejak 26 Maret 1996. Selama 25 tahun terakhir, kedua negara bekerja sama berlandaskan pada aspek tanggung jawab, saling percaya dan kepentingan bersama dalam mengatasi berbagai tantangan global.

Menurut pernyataan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, Rabu (5/5/2021) tema Peringatan 25 Tahun Hubungan Diplomatik itu adalah Menghubungkan Masyarakat, Membangun Masa Depan Kita. Yakni menempatkan pemuda sebagai ujung tombak dalam membangun dan memperkuat kerja sama.

Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir. (Foto RM.id/KBRI Paris)

Kedua negara yakin, kekuatan kreatif dan inovatif generasi muda akan menjadi kunci dalam memajukan kerja sama kedua negara.

Baca juga : 1.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Jakarta Saat Lebaran

“Sebagai aktor utama dalam membangun hubungan bilateral Andorra dan Indonesia ke depan, ide kreatif dan inovatif generasi muda kita akan memberikan kontribusi dalam menggali potensi dan peluang kerja sama kedua negara,” kata Duta Besar Republik Indonesia di Paris, Arrmanatha Nasir, pada acara resepsi online Peringatan 25 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Andorra pada 30 April 2021. Acara itu diselenggarakan KBRI Paris dan Kementerian Luar Negeri Andorra pada 30 April 2021.

Menteri Luar Negeri Indonesia dan Andorra menyampaikan pidatonya pada resepsi daring tersebut. Keduanya menekankan, Andorra dan Indonesia mendukung multilateralisme dalam memajukan agenda global dan mengatasi berbagai masalah yang kompleks. Mulai dari perubahan iklim, terorisme, hingga pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Menteri Luar Negeri Andorra, Maria Ubach Font, menekankan, kerja sama multilateral yang kuat sebagai kunci dalam menghadapi tantangan global saat ini. “Indonesia dan Andorra yakin bahwa multilateralisme yang efektif dan inklusif, sangat penting terutama dalam menghadapi krisis Covid19 saat ini,” kata Ubach Font.

Menteri Luar Negeri Andorra, Maria Ubach Font. (Foto RM.id/KBRI Paris)

Baca juga : Menko Polhukam Ingatkan Pentingnya Moderasi Beragama

Sedangkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, Andorra merupakan mitra penting bagi Indonesia dan berkomitmen untuk mempererat hubungan kedua negara.

“Meskipun tahun 2021 akan terus menjadi tahun yang sulit, namun tidak boleh menghalangi upaya bersama kita untuk membawa hubungan kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu mari kita bekerja sama dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif dalam mewujudkan tujuan tema Peringatan 25 Tahun Hubungan Diplomatik Andorra dan Indonesia,” kata Retno Marsudi.

Menandai peringatan 25 tahun ini, Iris Tallada, pelukis muda dari Andorra menggambarkan aliansi generasi muda kedua negara dalam sebuah lukisan. Iris melukis dua orang penari dengan pakaian tradisional masing-masing. Acara itu juga dimeriahkan alunan gamelan Jawa dan Tari Topeng Kelana oleh kelompok Gamelan Pantcha Indra, binaan KBRI Paris.

Baca juga : Bener Nih, Arab Saudi Mau Rujuk Sama Iran

Selanjutnya, KBRI Paris bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Andorra juga akan menyelenggarakan webinar bertajuk Youthpreneurship: Benefiting from the Digital Economy. Acara ini akan mengundang pemuda kedua negara untuk turut berpartisipasi. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.